Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ucapan Selamat Ultah kepada PKC, Direktur Pamong Institute: Ada Makna Politik



Jakarta, Visi MuslimUcapan selamat atas ulang tahun dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri kepada Partai Komunis Cina (PKC) yang ke-100 tahun dinilai Direktur Pamong Institute Wahyudi Al Maroky memiliki makna politik.

“Dalam perspektif Ilmu pemerintahan ucapan itu punya makna. Setiap kata, setiap diksi itu mengandung makna politik,” tuturnya dalam acara Islamic Lawyer Forum (ILF) edisi 34: Ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Partai Komunis Cina, Melanggar Hukum? Sabtu (24/7/2021) di kanal YouTube LBH Pelita Umat.

Menurutnya, ucapan selamat itu bisa bermakna positif atau negatif dan bisa diterjemahkan bermacam-macam. “Sehingga kalau orang sudah berani memberikan puji-pujian ini merupakan langkah politik,” tegasnya.

Ia menilai, tidak mungkin orang memuji sesuatu tanpa ada background sebelumnya. Pasti ada, seperti kerjasama kunjungan dan sebagainya. “Wajar ketika ujungnya, dia bisa memuji, bisa mengagumi, bahkan bisa bersahabat,” jelasnya.

Wahyudi justru lebih melihat pada konteksnya dan bukan sekedar ucapan selamatnya. Dalam konteksnya ada unsur memuji, ada unsur membanggakan, ingin bekerjasama dan bersahabat. “Kalau itu diperspektifkan dalam kenegaraan jelas melanggar ketentuan negara. Jadi, ada pelanggaran besar disitu. Pelanggaran terhadap UU. Jelas, partai komunis dilarang di negeri ini,” pungkasnya. [] Achmad Mu’it

Posting Komentar untuk "Ucapan Selamat Ultah kepada PKC, Direktur Pamong Institute: Ada Makna Politik"