Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Flexing Bikin Pusing?





Oleh: Fita Fatimah NS


Crazy Rich pada umumnya memiliki arti super kaya, sehingga siapa saja orang yang memiliki harta melimpah bisa disebut dengan Crazy Rich. Entah itu berasal dari kalangan pengusaha, pejabat publik, hingga selebriti, yang menggambarkan seberapa kaya mereka.

Dan sisi lain yang terjadi pada masyarakat Indonesia adalah banyaknya crazy rich yang kerap kali flexing (pamer kekayaan) di berbagai media sosial. Dan yang paling ramai diperbincangkan adalah Indra Kenz dan Doni Salmanan dan pada akhirnya kita semua lihat apa yang terjadi

Kenapa orang yang memiliki banyak kekayaan itu cenderung untuk flexing di media sosial? Karena media sosial sendiri dengan begitu mudahnya mengakses informasi tersebut sehingga akan mudah sampai ke telinga masyakat. Sedangkan kita tahu sendiri bagaimana kondisi sebagian masyarakat saat ini yang tak sedikit sedang mengalami krisis ekonomi.

Kasus Indra Kenz dan Doni Salmanan ini bukan kasus pertama kalinya, sudah banyak pola dan modus yang berkedok investasi terjadi sebelumnya namun sepertinya kita belum juga mampu mengambil pelajaran dari semua peristiwa tersebut.

Pada akhirnya mereka yang sudah memiliki banyak harta kekayaan akan melakukan flexing di media sosial. Namun tahukah kita jika flexing itu sama dengan menyombongkan diri? Ingin menunjukkan kepada masyarakat "inilah saya, inilah kekayaan saya." Padahal selama kita masih di muka bumi ini tidak ada istilah " Paling Kaya", sekaya-kayanya orang pasti ada yang lebih kaya lagi. Apalagi Allah juga sudah memberikan peringatan kepada kita melalui firman-Nya,

وَلَا تَمۡشِ فِي ٱلۡأَرۡضِ مَرَحًاۖ إِنَّكَ لَن تَخۡرِقَ ٱلۡأَرۡضَ وَلَن تَبۡلُغَ ٱلۡجِبَالَ طُولٗا

Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.

-Surah Al-Isra' : 37-

Maka semoga ini menjadi pengingat bagi diri saya sendiri dan pembaca pada umumnya, bahwa flexing merupakan perbuatan tercela yang dampaknya sangat buruk untuk diri sendiri.


Wallaahu a'lam 

Posting Komentar untuk "Fenomena Flexing Bikin Pusing?"

close