Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Sistem Kapitalisme : Harta 85 Orang Terkaya Setara Uang 3,5 Miliar Penduduk Miskin

Kesenjangan antara penduduk kaya dan miskin telah menjadi ketakutan terbesar para pimpinan negara di seluruh di dunia dalam 20 tahun terakhir. Bahkan kini, 85 orang terkaya memiliki jumlah uang yang setara dengan uang yang dimiliki oleh 3,5 miliar penduduk miskin di dunia.

Melansir laman 9news.com, Senin (10/11/2014), organisasi donasi internasional Oxfam mencatat 85 orang terkaya di dunia itu termasuk Bill Gates, Carlos Slim, dan Mark Zuckerberg. 85 orang terkaya di dunia yang dihimpun Oxfam memang memiliki harta yang seolah tak bisa habis.

Warreen and Gates
Dengan jumlah harta yang sudah melimpah, setiap hari, para miliarder terus menambah kekayaannya. Bagaimana tidak, setiap harinya, harta para miliarder tersebut bertambah rata-rata US$ 668 juta per hari.

Bahkan pendiri Microsoft Bill Gates membutuhkan waktu hingga 218 tahun untuk menghabiskan seluruh hartanya. Periode tersebut dihitung dengan asumsi Gates menghabiskan uang sebanyak US$ 1 juta per hari.

Sejauh ini, selisih jumlah harta penduduk kaya dan miskin memang kian mengkhawatirkan. Bahkan perlambatan ekonomi global diprediksi akan menambah lebar kesenjangan tersebut.

"Satu-satunya cara untuk meningkatkan pendapatan orang miskin, menstabilkan jumlah penduduk kelas menengah, dan melindungi demokrasi adalah dengan mengharuskan orang kaya membayar lebih ongkos pemerintahan di sebuah negara yang kontribusinya mengalir pada para penduduk miskin," ungkap penulis `So Rich So Poor`, Peter Edelman.

Mantan Asisten Sekretariat Department of Health and Human Services Amerika Serikat ini juga tidak setuju jika penduduk miskin hanya diberi bantuan secara langsung. Menurutnya, ini waktunya orang kaya mengeluarkan uang lebih sebagai bentuk kontribusi pada negara. (Sis/Gdn) [liputan6/visimuslim.com]

Posting Komentar untuk "Buah Sistem Kapitalisme : Harta 85 Orang Terkaya Setara Uang 3,5 Miliar Penduduk Miskin"

close