Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Isolasi Mandiri, Pasien Covid-19 Malah Beli Buah ke Pasar


Bandung, Visi Muslim- Seorang warga yang terkonfirmasi positif covid-19 diketahui sempat bepergian ke Pasar Minggu yang berada tidak jauh dari rumahnya di salah satu lokasi di Kecamatan Cibiru, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Ia yang tengah melakukan isolasi mandiri pergi meninggalkan rumahnya untuk membeli buah-buahan.

Camat Cibiru, Didin mengungkapkan sebanyak delapan warga di Cibiru terpapar covid-19. Mereka, katanya, yang tengah melakukan isolasi diri dipantau oleh RT, RW dan kelurahan. Namun, ia menuturkan terdapat seorang warga positif bepergian dan berkeliaran keluar dari rumah.

"Akhirnya kami berkoordinasi dengan Puskesmas didampingi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Pak lurah dan RT, RW setempat disampaikan bahwa ya tidak baguslah kalau memang berkeliaran," ujarnya, Senin (18/5).

Menurutnya, pasar Minggu yang didatangi oleh bersangkutan berada kurang lebih 100 meter dari rumahnya. Selama ini pasar tersebut tutup dan baru buka pekan kemarin. "Sebetulnya gak sepadat waktu sebelum covid-19, jadi ada physical distancing," katanya.

Berdasarkan pengaduan tersebut, ia mengaku berkoordinasi dengan pihak keluarga yang bersangkutan dan diketahui memang ia mengakui pergi ke pasar. Pihaknya pun meminta agar tetap melalukan isolasi mandiri.

"Kalau memang masih membandel maka saya sesuai kewenangan saya sebagai ketua gugus Covid-19 akan mengamankan yang bersangkutan ke rumah sakit atau ke mana," katanya.

Ia menyebut pasien tersebut mendatangi pasar siang hari sehingga relatif sepi dari orang. Saat itu, katanya, yang bersangkutan memakai masker namun tidak menggunakan sarung tangan.  "Jadi kan pasar itu kan siang, udah gak ada (orang) tapi dari informasi yang positif itu, dia hanya membeli buah-buahan katanya karena jalan jauh juga dia sesak. Buah-buahan itu memang gak terlalu jauh dari rumahnya," katanya.

Camat Cibiru mengatakan tidak mengetahui warga tersebut terpapar positif covid-19 dari klaster mana. Namun, diketahui jika yang bersangkutan bukan tenaga medis dan memiliki riwayat penyakit diabetes. [] Sumber: Rol

Posting Komentar untuk "Isolasi Mandiri, Pasien Covid-19 Malah Beli Buah ke Pasar"

close