Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadz Felix Siauw: Toleransi Itu Simpel, Lakum Diinukum wa Liya Diin!



Jakarta, Visi Muslim-  Toleransi di dalam ajaran Islam sungguh nyata. Rasa-rasanya tidak perlu umat Islam diajari soal itu.

Dalam Islam terang dan gamblang, misalkan saja bagaimana umatnya memperlakukan umat lain dengan tidak memaksa untuk ikuti ajaran Islam. Hal inilah yang disampaikan oleh ustadz Felix Siauw.

“Toleransi dalam Islam itu sederhana prinsipnya, ‘Lakum diinukum wa liya diin’. Yang artinya: ‘Bagimu, agamamu. Bagiku, agamaku.

Kita tidak bisa memaksa orang mengikuti ajaran Islam. Dan kita pun tidak mengikuti ajaran mereka. Simpel, itulah toleransi,” demikian tulisnya di akun Facebook miliknya, beberapa waktu lalu.

Ustaz yang gemar mengajak publik ini mengaji Al-Qur’an dengan slogannya #YukNgajiYuk ini mengatakan bahwa toleransi itu tidak mengikuti apa yang umat lain lakukan. “Toleransi adalah ketikan kita melakukan apa yang kita yakini, lalu mampu menerima apabila orang lain tidak melakukan apa yang kita yakini.”

Bukan justru toleransi itu melakukan hal-hal yang dilakukan umat lain lalu umat Islam dengan latah mengikutinya. “Bukan toleransi apabila kita melihat keyakinan orang lain, lalu mengikuti perbuatan mereka supaya dibilang toleran. Ini namanya kebablasan. Sebab dia tidak memahami agamanya sendiri, lalu mencoba mengikuti agama yang bukan agamanya.”

Beliau pun menyarankan kepada masyarakat muslim, bila kurang cukup memahami apa yang disampaikannya agar menengok ke video-video yang ia unggah. (kl/voislam)

Posting Komentar untuk "Ustadz Felix Siauw: Toleransi Itu Simpel, Lakum Diinukum wa Liya Diin!"