Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Muslimah PKS Tolak Miss World

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyoroti perhelatan ajang kontes kecantikan Miss World yang akan diselenggarakan di Indonesia. PKS menilai ajang Miss World itu tidak sesuai dengan norma-norma bahkan cenderung menabrak nilai-nilai kesantunan perempuan.

"Paduan beauty and brain dalam penilaian perempuan terhormat versi Miss World, hanya cocok pada sebagian kecil perempuan Indonesia," ujar Ketua Bidang Perempuan DPP PKS, Anis Byarwati dalam keterangan persnya Sabtu (31/8/2013).

Menurutnya, sebagian besar perempuan Indonesia tingkat pendidikannya masih rendah. Walaupun tingkat kecerdasan tidak selalu berbanding lurus dengan tingkat pendidikan formal, akan tetapi pendidikan formal membuat banyak manusia memiliki wawasan dan keilmuan yang lebih dibandingkan yang tidak berpendidikan formal.

Data menunjukkan tingkat pendidikan perempuan Indonesia masih sangat rendah, rata-rata lama sekolah perempuan Indonesia hanya 7,5 tahun.

"Oleh karena itu menurut kami, inspirasi yang lebih diperlukan mayoritas perempuan Indonesia adalah semangat tinggi untuk bersekolah dan peluang sekolah yang besar tanpa terhalangi oleh persoalan ekonomi," imbuhnya.

Anis mengatakan, meski dapat mengangkat nama Indonesia, event yang itu tidak sesuai dengan nilai-nilai kebudayaan tanah air. Dia menegaskan perempuan PKS menolak event itu diselenggarakan di Indonesia.

"Indonesia adalah negeri dengan mayoritas muslim, oleh karena itu menjadi sebuah kepatutan jika penyelenggarakan internasional event di Indonesia memperhatikan nilai-nilai universal Islam. Kehormatan perempuan tidak terletak pada beauty and brain-nya, tetapi terletak pada ketakwaannya di sisi Allah SWT," ungkapnya.

Lebih lanjut, Anis mendukung pernyataan MUI yang mengatakan bahwa dikhawatirkan penyelenggarakan Miss World di Indonesia akan mempertontonkan perilaku glamor yang berlawanan dengan kondisi ekonomi masyarakat.

"Kecantikan yang hanya dipandang secara lahiriah dikhawatirkan akan berdampak pada munculnya perilaku konsumtif untuk mempercantik diri, cantik lahiriah memang perlu, tetapi ada esensi lain yang lebih penting, yaitu cantik akhlak dan budi pekerti," tandasnya. [inilah.com/fm/vm.com]

Posting Komentar untuk "Muslimah PKS Tolak Miss World "

close