Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar, Mengajarkan, & Menerapkan Al-Qur'an Secara Sempurna


Oleh : H. Luthfi H.

جاء في فتح الباري شرح صحيح البخاري لابن حجر العسقلاني بتصرف في "باب خيركم من تعلم القرآن وعلمه".

Dijelaskan dalam Kitab Fathul Baari syarah Shahih Bukhari oleh Ibnu Hajar Al Ats Qalaniy dalam Bab Sebaik-baiknya kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkan nya. 

حدثنا حجاج بن منهال حدثنا شعبة قال: أخبرني علقمة بن مرثد سمعت سعد بن عبيدة عن أبي عبد الرحمن السلمي عن عثمان رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: "خيركم من تعلم القرآن وعلمه".

Telah menceritakan kepada kami Hajjaj bin Minhal Telah menceritakan kepada kami Syu'bah ia berkata, Telah mengabarkan kepadaku 'Alqamah bin Martsad Aku mendengar Sa'd bin Ubaidah dari Abu Abdurrahman As Sulami dari Utsman radliallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Orang yang paling baik di antara kalian adalah seorang yang belajar Al Qur`an dan mengajarkannya." (HR. Bukhari)

من هنا نبدأ، من القرآن وتعلمه، فالله سبحانه وتعالى أمر بالعلم والتعلم ابتداءً، وخير ما تعلَّمه الإنسان في هذه الحياة كلام الله سبحانه، فهو الحق المطلق، وهو المفتاح لجميع أبواب الحياة المغلقة بإحكامٍ بسبب الحُكَّام الضالين المضلين، وهو الذي يريح القلب ويملؤه طمأنينة ورضى ومحبة.

Dari sini kita mulai, dari Al Qur'an dan pelajaran tentang Al Qur'an. Sungguh sejak awal Allah memerintahkan kita untuk ilmu dan belajar. Dan sebaik-baik pelajaran yang dipelajari oleh manusia dalam kehidupan ini adalah Kalamullah. Karena Al Qur'an adalah kebenaran yang mutlak. Al Qur'an adalah kunci pembuka segala pintu kehidupan yang tertutup dikarenakan sistem kehidupan yang menyebabkan sesat dan kesesatan. Dia Al Qur'an akan memenangkan hati dan menentramkan jiwa, menjadikan keridhoan dan penuh dengan kecintaan.

لا ينبغي أن يقتصر معنى تعلم القرآن على معرفة أحكام تجويده وتلاوته، بل تعلم القرآن يشمل التفقه في أحكامه وفي آياته بالإضافة إلى كيفية قراءته، وفي إنزاله على الوقائع باجتهاد صحيح، ويشمل كيفية العمل لإيجاده في واقع الحياة مطبقا على الناس، لا أن يبقى يُتلى فقط في المناسبات، وهذا لا يكون إلا من خلال الدولة التي ترعاه تحفيظا وقراءة وتطبيقا.

Hanya saja, tidak pantas kita memaknai arti mempelajari Al Qur'an sebatas pada pengetahuan hukum-hukum tajwid dan tilawah (membaca dengan baik dan benar). Akan tetapi mempelajari Al Qur'an juga mencakup At tafaqquh (membahasa secara fiqhiyyah dan mendalam) atas hukum-hukumnya. Termasuk bagaimana ayat tersebut turun terkait dengan berbagai peristiwa yang terjadi sehingga bisa menghasilkan ijtihad yang benar. Termasuk pula bagaimana beramal untuk mewujudkan nya dalam realitas kehidupan, agar ayat-ayst Al Qur'an diterapkan di tengah tengah kehidupan manusia. Bukan sekedar di baca dalam berbagai kesempatan. 

Dan keadaan seperti ini, mau tidak mau memberikan sebuah wadah negara, yang dengan negara itu ia mengurusi umat, menjaga, dan menerapkan ayat-ayatnya. 

وبما أن واقع الأمة اليوم بعيدا عن هذه الرعاية، فإن الأمة ستبقى ترعاه في جانب التحفيظ دون التطبيق، فإلى العمل مع العاملين ندعوكم أيها المسلمون لتحكيم كلام الله من خلال إقامة الدولة التي ترعاه فقها وتطبيقا وتحفيظا، دولة الخلافة الراشدة الثانية على منهاج النبوة.

Dan realitas umat saat ini sangat jauh dari pengurusan dengan al Qur'an. Sungguh umat ini tetap berada sekedar dalam aspek menjaga --ayat ayat Al Qur'an -- namun tanpa menerapkannya. 

Karenanya kami menyeru kaum muslimin untuk beraktivitas agar a Qur'an bisa diterapkan dalam Naungan tegaknya Dauah yang dengannya mengatur rakyat --dengan Al Qur'an --, melaksanakan hukum hukum nya, dan menjaganya. Yakni Daulah Khilafah Rasyidah Ats Tsaniyah atas manhaj kenabian. 

اللهمَّ عاجلنا بخلافة على منهاج النبوة تلم فيها شعث المسلمين، ترفع عنهم ما هم فيه من البلاء، اللهمَّ أنرِ الأرض بنور وجهك الكريم. اللهمَّ آمين آمين.

Ya Allah kami bermohon disegerakan tegaknya Khilafah Islamiyyah atas manhaj kenabian, yang akan merajut cerai berai nya urusan kaum muslimin. Mengangkat kaum muslimin dari berbagai timpaan ujian kehidupan. 

Ya Allah, sinarilah dunia ini dengan cahaya wajah-Mu yang penuh dengan kemuliaan. Ya Allah kabulkan permohonan kami. Amin Amin.[VM]

كتبه للإذاعة: أبو مريم

Posting Komentar untuk "Belajar, Mengajarkan, & Menerapkan Al-Qur'an Secara Sempurna"

close