Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Sukmawati Soekarnoputri Dinilai Benturkan Islam dengan Indonesia


VisiMuslim - Puisi Ibu Indonesia yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri dinilai sebagai bentuk upaya pembenturan Islam dengan Indonesia.

Wakil Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Tengku Zulkarnain turut menanggapi puisi Ibu Indonesia yang dibacakan oleh Sukmawati Soekarnoputri dalam acara peragaan busana di Indonesia Fashion Week (IFW) 2018, JCC, Kamis (29/3/2018). Dia menilai puisi itu bagian dari upaya membenturkan Islam dengan Indonesia.

“Bisa jadi pembenturan antara Islam dan Indonesia,” kata KH Tengku Zulkarnain saat dihubungi Kiblat.net pada Senin (02/04/2018).

Wasekjen MUI itu juga menduga lewat puisi tersebut putri Soekarno itu ingin menunjukkan bahwa dia sejatinya bukan orang Islam, tetapi orang yang menganut animisme. Yaitu, paham yang dianut orang di Nusantara sebelum agama samawi datang.

Kiai Tengku juga mengecam isi dari puisi yang dibacakan Sukmawati. Isi puisi itu dinilianya menunjukkan ketidaksukaan dengan ajaran Islam, yang sebenarnya dilindungi undang-undang.

“Selain tidak elok itu menunjukkan ketidaksukaannya dengan ajaran Islam. Azan itu syariat Islam, ajaran Islam, dilindungi oleh UUD 1945,” tegasnya.

“Tidak layak ajaran agama dibenturkan dengan budaya nasional. Sangat tidak pantas,” ujar Kiai Tengku.

Indonesia merupakan masyarakat majemuk dengan didominasi umat Islam. Sisanya Kristen, Katolik, Hindhu, Budhha, dan Kong Hu Cu. Sehingga, hanya sedikit sekali yang masih menganut animisme di negeri ini.

“Maka sangat berbahaya membenturkan ajaran agama dengan budaya,” pungkas Kiai Tengku. [vm]

Sumber : Kiblat

Posting Komentar untuk "Puisi Sukmawati Soekarnoputri Dinilai Benturkan Islam dengan Indonesia"

close