AS: Sudah Saatnya Dukung Dataran Tinggi Golan Milik Israel


VisiMuslim - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali menampakkan dukungan negaranya pada Negara Yahudi Israel. Dalam pernyataan terbaru, Trump mengatakan bahwa saat ini waktunya untuk mendukung kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang dijajahnya saat perang Arab-Israel pada 1967.

“Setelah 52 tahun, hari ini sudah saatnya AS mengakui penuh kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan yang sangat penting secara strategis, keamaan dan keberlangsungan Negara Israel serta kestabilitasan regional,” tulis Trump dalam akun Twitternya pada Kamis (21/03/2019).

Pernyataan ini sepekan sebelum kunjungan Perdana Menteri Israel Benyamin Netanyahu ke Washington. Dijadwalkan, Netanyahu akan bertemu Trump dan berpidato di hadapan Komite Tiggi untuk Urusan AS-Israel.

Netanyahu terus mendorong AS untuk mengakui kedaulatannya atas Dataran Golan dan hal itu dikabultkan dalam pertemuan dengan Trump di Gedung Putih pada Februari 2017 silam.

Pengakuan ini merupakan langkah terbesar yang diputuskan Trump untuk mendukung Netanyahu sebelum pemilu Israel. Sebagaimana diketahui, Trump menghadapi tuduhan korupsi di saat ia ingin mencalonkan diri kembali.

Netanyahu menyampaikan ucapan terima kasih kepada Trump atas dukungan pengakuan Datara Tinggi Golan bagian dari wilayah Israel. Ia menggambarkan, putusan Trump tersebut sangat bersejarah.

“Di saat Iran ingin menggunakan Suriah sebagai benteng untuk menghancurkan Israel, Presiden Trump dengan keberanian mengakui Dataran Golan bagian dari Israel. Terima kasih Presiden Trump!” tulis Netanyahu di Twitter.

Dataran Tinggi Golan awalnya merupakan wilayah Suriah. Israel merebut wilayah itu dari tangan Suriah pada tahun 1967 dalam Perang Enam Hari. Pada awal Perang Yom Kippur 1973, Suriah berhasil merebutnya kembali, namun serangan balik Israel berhasil mengusir Suriah dari sebagian besar Dataran Tinggi Golan.

Pada 1981 Suriah akhirnya sepakat membagi Dataran Golan. Kesepakatan itu difasilitasi oleh PBB. [vm]

Sumber: Reuters

Belum ada Komentar untuk "AS: Sudah Saatnya Dukung Dataran Tinggi Golan Milik Israel"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...