Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tokoh Lintas Agama Tuntut Investigasi Kematian Massal Petugas Pemilu


VisiMuslim - Sejumlah tokoh masyarakat madani lintas agama, suku, dan profesi prihatin terhadap kematian dan jatuh sakit massal para petugas penyelenggara Pemilu 2019 dan Keamanan.

Para tokoh itu pun mendirikan gerakan dengan nama Aliansi Masyarakat Peduli Tragedi Kemanusiaan Pemilu 2019. Lewat gerakan ini, mereka menuntut investigasi serius, tuntas, dan transparan atas kasus kematian demi kematian tersebut.

“Kami, unsur-unsur masyarakat madani Indonesia lintas agama, suku, dan profesi, bersepakat membentuk Aliansi Masyarakat Peduli Tragedi Kemanusiaan Pemilu 2019 (disingkat AMP-TKP 2019). Sebagai wujud kepedulian dan keprihatinan terhadap Kejadian Luar Biasa/Tragedi Kemanusiaan Pemilu 2019,” pernyataan mereka dalam siaran pers diterima hidayatullah.com Jakarta, Rabu (08/05/2019).

Aliansi menyatakan, kematian 554 orang dan jatuh sakit 3.778 orang pada Pemilu 2019 (per 4 Mei 2019), yang terdiri dari petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan Polisi, adalah Kejadian Luar Biasa (KLB).

“Inilah tragedi kemanusiaan yang menuntut perhatian dan keprihatinan kita semua, baik masyarakat maupun utamanya Penyelenggara Pemilu dan Pemerintah. Kejadian Luar Biasa/Tragedi Kemanusiaan ini telah menimbulkan citra buruk Indonesia di mata internasional dan mencederai pelaksanaan Pemilu 2019 yang berdasarkan asas langsung, bebas, rahasia, adil, jujur, transparan, dan akuntabel. Lemahnya tindakan pencegahan dan penanganan telah menyebabkan korban berjatuhan secara beruntun, masif, dan tragis,” kata Aliansi.

Aliansi menilai, adalah tidak arif jika Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Pemerintah menyikapi tragedi tersebut sebagai kejadian biasa –suatu sikap yang bernada mengabaikan dan kurang menunjukkan sikap bertanggung jawab.

Aliansi berpandangan, penting bagi bangsa mengetahui penyebab ‘Kejadian Luar Biasa/Tragedi Kemanusiaan’ tersebut untuk menghindari berkembangnya prasangka yang tidak perlu, dan agar tragedi serupa tidak terulang pada masa mendatang

“Maka atas dasar Sila Kedua Pancasila, “kemanusiaan yang adil dan beradab,” kami mendesak dilakukannya investigasi yang bersungguh-sungguh, mendalam, tuntas, transparan, dan berkeadilan,” desaknya.

Disebut sejumlah tokoh yang menudung aliansi tersebut, yaitu Aay M. Furkon, Abdul Aziz Basyaruddin, Adiwarsita Adinegoro, Adnan Madani, Ahmad Sastra, Ahmadie Thaha, Alaidin Athory, Ali Akbar Soleman, Alia Baidhowi, Amidhan Saberah, Andrianto, Ani Hasibuan, Anwar Abbas, Any Setianingrum, Asep P. Bahtiar,  Bahtiar Effendy, Bambang Prasetya, Bob Hasan, Busyro Muqoddas.

Kemudian, Buya Muhammad Nurman, Chairul Tamimi, Chusnul Mar’iyah, Cut Meutia Adrina, Dadang Kahmad, Deni Solehudin, Dudi Salam, Faisal Haq, Edhi Mulyono, Gus Hafidh, Hamdani, Herry Sinaramata, Imbalo Iman Sakti, Iwan Piliang, Jeje Zaenudin, Joko Intarto, Jose Rizal, Latief Awwaludin, M. Din Syamsuddin, M. Lukman Ashari, Marah Sakti Siregar, Misbahuddin, Mohammad Siddik, Muhammad Chirzin Mpu Jaya Prema Ananda, Nashirul Haq, Nurjaman Mochtar, Nyoman Udayana Sangging, Reza Indragiri Amriel, S. Iskandar Sbw, Siane Indriani, Sri Lestari Linawati, Teuku Nasrullah, Tifauzia Tyassasmita, Umar Husin, Usep Syaefulloh, Widya Murni, dan Wilson Lalengke.

“Para pemrakarsa terdiri dari tokoh agama, pimpinan organisasi, akademisi, advokat, dokter, profesional lain, dan aktifis sosial. Dukungan masih dibuka,” terang Aliansi. [vm]

Sumber :Hidayatullah

Posting Komentar untuk "Tokoh Lintas Agama Tuntut Investigasi Kematian Massal Petugas Pemilu"

close