Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Patung Dewa Keadilan Setinggi 30 Meter di Tuban Roboh

Sumber: Twitter

Tuban-VisiMuslim- Sebuah patung setinggi 30,4 meter di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kwan Sing Bio, Kelurahan Karangsari, Kabupaten Tuban pada Kamis, (16/4/2020) pagi sekitar pukul 10.00 WIB runtuh secara tiba-tiba.

Warga sekitar tempat ibadah tersebut kaget mendengar suara keras yang ternyata berasal dari patung berbentuk jenderal Kongco Kwan Sing Tee Koen atau Guan Yunchang atau Kwan Yintiang, yang roboh dan menyisakan kerangka saja.

Rio, salah satu warga yang berada di lokasi mengatakan, akibat kejadian itu, akses masuk ke klenteng ditutup.

"Saya sampai di lokasi sekitar jam 11.30 WIB. Saya tinggal sekitar 500 meter dari klenteng. Pas saya sampai sana, patung tersisa kerangka saja. Saya tidak sempat ambil gambar dan video karena akses masuk ke klenteng ditutup oleh pengurus klenteng," kata Rio dilansir dari suarasurabaya.net.

Belum diketahui apa penyebab robohnya patung berwajah merah dari zaman Tiga Negara yang berasal dari negeri Tiongkok tersebut. Pengurus klenteng belum memberikan keterangan apapun terkait peristiwa ini.

Patung yang didirikan pada 2017 lalu itu menghabiskan dana sebesar Rp. 2,5 miliar, dan sempat menimbulkan polemik ditengah masyarakat Tuban, khususnya terkait perizinan pembangunan patung dewa tersebut.

Patung Kongco Kwan Sing adalah sosok dewa tangguh dan pemberani, juga merupakan simbol Dewa Keadilan yang memiliki makna kesetiaan dan bijaksana.

Patung dewa ini juga menjadi salah satu patung tertinggi di komunitas klenteng se-Asia Tenggara. [] Ni-Bay

Posting Komentar untuk "Patung Dewa Keadilan Setinggi 30 Meter di Tuban Roboh"

close