Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Para Pemimpin Afrika Berdiskusi Membahas Keamanan di Mozambik


Harare, Visi Muslim- Para pemimpin dari empat negara anggota Masyarakat Pengembangan Afrika Selatan (SADC) berkumpul di Harare, ibukota Zimbabwe, Selasa, (19/5/2020) guna membahas tentang situasi keamanan di Mozambik.

KTT Kepala Luar Negeri Organ dan SADC Luar Biasa Troika dipimpin oleh langsung Presiden Zimbabwe Emmerson Mnangagwa.

Dia mengetuai SADC Organ Politik, Pertahanan, dan Kerja Sama Keamanan, yang memberikan panduan negara-negara anggota tentang hal-hal yang berkaitan dengan keamanan dan stabilitas regional.

Dalam pertemuan itu dihadiri oleh Presiden Zambia Edgar Lungu, Presiden Botswana Mokgweetsi Masisi, dan Presiden Mozambik Filipe Nyusi.

Mozambik baru-baru ini meminta dukungan dari badan regional untuk berperang melawan pemberontakan militan di provinsi utara Cabo Delgado.

"Tujuan dari KTT Organ Luar Biasa Troika adalah untuk mempertimbangkan situasi keamanan yang mendesak di Mozambik setelah permintaan resmi kepada badan regional," kata Menteri Luar Negeri Zimbabwe Sibusiso Moyo dalam sebuah pernyataan kepada media.

Sementara itu, saat Presiden Zimbabwe Mnangagwa memimpin pertemuan untuk memadamkan gejolak di negara tetangga, ia juga tengah menghadapi masalah sendiri di negaranya.

Nelson Chamisa, pemimpin Gerakan oposisi untuk Aliansi Perubahan Demokratis, meminta PBB meminta melakukan penyelidikan atas penculikan dan penyiksaan tiga pemimpin partai perempuan, yang diduga dilakukan oleh agen keamanan negara. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Para Pemimpin Afrika Berdiskusi Membahas Keamanan di Mozambik"