Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sejumlah Guru Terinfeksi Covid-19, Senegal Tunda Pembukaan Sekolah


Dakar, Visi Muslim- Senegal kembali menunda pembukaan sekolah hingga pemberitahuan lebih lanjut setelah sejumlah guru dinyatakan positif terinveksi virus corona baru, kata kementerian pendidikan Senin malam, (1/6/2020).

Pemerintah Senegal pada 20 Mei mengumumkan bahwa seluruh sekolah di negara mayoritas muslim di benua Afrika itu akan dibuka kembali secara bertahap pada Selasa 2 Juni, setelah berminggu-minggu ditutup akibat pandemi. Senegal telah mencatat 3.739 kasus COVID-19 positif sejak awal wabah, dengan 43 kematian.

Sebuah pernyataan kementerian pendidikan mengatakan para guru dinyatakan positif terkena virus corona di Ziguinchor, di daerah Casamance, selatan negara itu. Tidak disebutkan berapa banyak guru yang dites positif, atau berapa jumlah sekolah yang terdampak.

Dikatakan juga bahwa Presiden Senegal Macky Sall memutuskan untuk "menunda dimulainya pembelajaran di sekolah hingga pemberitahuan lebih lanjut, untuk menghindari risiko penyebaran virus di sekolah-sekolah."

Pemerintah juga sudah mulai mengevakuasi para guru dengan bus sewaan dari ibukota Dakar ke sekolah-sekolah di daerah lain pekan lalu sebagai persiapan pembukaan kembali sekolah. 

Senegal adalah salah satu negara di wilayah Afrika Barat dan Tengah yang berencana membuka kembali sekolah-sekolah meskipun kasus Corona terus meningkat.

Kamerun, yang telah mencatat 6.397 kasus virus corona dan hampir 200 kematian, juga memulai kembali pembelajaran di sekolah dengan menerapkan langkah-langkah kesehatan termasuk mencuci tangan secara teratur, pemeriksaan suhu dan mewajibkan pemakaian masker.

Pembelajaran di sekolah  juga di mulai di Pantai Gading, dan di negara tetangga Burkina Faso pada hari Senin.

Di Ghana, Presiden Nana Akufo-Addo mengatakan dalam sebuah pidato pada hari Minggu bahwa sekolah dan universitas akan dibuka kembali pada 15 Juni dan dibatasi hanya siswa tingkat akhir di SMP, SMA dan universitas untuk mempersiapkan ujian.

Ghana telah mencatat jumlah kasus coronavirus tertinggi di wilayah ini yaitu 8.070 kasus dan 36 kematian. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Sejumlah Guru Terinfeksi Covid-19, Senegal Tunda Pembukaan Sekolah"