Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Disertasi Dr Kasori: Hubungan Turki Utsmani dan Demak Sangat Kuat!

 

Jakarta, Visi MuslimFakta sejarah menunjukkan betapa kuatnya hubungan Khilafah Utsmani dengan Kesultanan Demak. “Penulis banyak menemukan fakta sejarah betapa kuatnya hubungan antara Turki Utsmani dan Demak pada Abad XV-XVI, dalam dakwah Islam, perdagangan dan hubungan yang bersifat politik,” tulis Dr. Kasori dalam abstrak disertasinya yang berjudul Di Bawah Panji Estergon: Hubungan Kekhilafahan Turki Utsmani dengan Kesultanan Demak pada Abad XV-XVI M pada tahun 2020.

Bahkan Doktor Studi Islam Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut juga menemukan fakta sejarah yang menunjukkan hubungan terus berlanjut pasca Demak runtuh. “Demikian pula banyak ditemukan fakta-fakta sejarah hubungan Turki-Jawa yang tetap berlanjut pasca Demak runtuh,” pungkasnya.

Menurutnya, hubungan Turki Utsmani-Demak merupakan hubungan kerja sama yang setara dan untuk saling menguatkan, bukan untuk menguasai atau pun mendominasi. “Turki menjadi faktor strategis bagi Demak untuk menopang kekuasaan politik dan ekonominya agar kesultanannya menjadi setaraf dengan kerajaan Islam lainnya di dunia Islam,” pungkasnya.[] Joko Prasetyo

Posting Komentar untuk "Disertasi Dr Kasori: Hubungan Turki Utsmani dan Demak Sangat Kuat!"

close