Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Megawati Singgung KAMI: Di Situ Banyak yang Pengin Jadi Presiden

 


Jakarta, Visi Muslim- Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menyinggung deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI). Ia menyebut banyak tokoh yang berada dalam gerakan moral itu punya hasrat menjadi presiden.

"Jadi kemarin-kemarin ini ada pemberitaan ada orang kan yang membentuk KAMI, itu KAMI. Di situ kayaknya banyak banget yang kepengin jadi presiden," ujar Megawati saat membuka Sekolah Partai Angkatan II bagi Calon Kepala Daerah dan Calon Wakil Kepala Daerah PDIP secara virtual, Rabu (26/8/2020).

Megawati lalu menyindir KAMI yang punya niat politik tanpa adanya partai.

Presiden RI ke-5 itu menyinggung soal sistem tata negara dan pemerintah Indonesia yang sangat membutuhkan partai politik. Megawati mengingatkan partai politik diperlukan bagi setiap pemimpin untuk bekerja menyejahterakan rakyat.

"Peraturan di republik ini, tata kenegaraan, tata pemerintahan, termasuk yang namanya Pilkada dan Pemilu, maka seseorang harus mencari partai, dukungan, usungan," tuturnya.

Megawati mengatakan masuk dari jalur independen memang diperbolehkan. Hanya, menurut putri Proklamator Sukarno ini, pemimpin dari jalur independen akan kesulitan ketika harus bekerja sama dengan unsur legislatif.

"Banyak orang yang tidak berpartai mencoba masuk lewat independen. Tidak ada salahnya, hanya jangan lupa, independen kalau jadi dia tidak punya fraksi lho. Jadi bagaimana kalau akan bicarakan namanya pemerintahan di daerah, kan harus ada toh pemerintahan melalui bupati/wali kota/gubernur, kan harus bicara dengan DPRD I atau nasional," sebut Megawati.

"Itu juga gitu, gimana coba kalau gitu, mikir, kan PR (pekerjaan rumah)," sambungnya.

Seperti diketahui, KAMI, yang merupakan besutan Din Syamsuddin, mendeklarasikan diri pada Selasa (18/8). Mereka memberikan tuntutan kritis kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Sejumlah tokoh yang hadir dalam acara tersebut selain Din Syamsuddin di antaranya Gatot Nurmantyo, Refly Harun, Said Didu, Rocky Gerung, Ichsanuddin Noorsy, dan Ahmad Yani. KAMI dinilai merupakan kelompok oposisi baru selain PAN, PA 212 dkk, dan kubu Amien Rais.(dtk)

Posting Komentar untuk "Megawati Singgung KAMI: Di Situ Banyak yang Pengin Jadi Presiden"

close