Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tentara Azerbaijan Berhasil Membebaskan Tiga Desa di Wilayah Nagorno Karabakh




Baku, Visi Muslim- Tentara Azerbaijan berhasil membebaskan tiga desa di wilayah Nagorno Karabakh dari pendudukan Armenia pada hari Senin, (5/10/2020), kata presiden Azerbaijan, Ilham Aliyev dalam konferensi pers-nya.

"Hari ini, Tentara Azerbaijan membebaskan desa Shikhali Agali, Sarijali, dan Mezre di distrik Jabrayil dan beberapa wilayah strategis lainnya. Kesuksesan operasi Tentara kita sedang berlangsung. Karabakh adalah Azerbaijan! "Kata Ilham Aliyev di Twitternya.

Sebelumnya, Pada hari Sabtu, Aliyev mengumumkan bahwa tentara Azerbaijan telah membebaskan pemukiman di Karkhulu, Shukurbeyli, Cherekan, Dashkasan, Horovlu, Mahmudlu, Jafarabad, Yuxari Maralyan dan Dejal, juga di distrik Jabrayil.

Konflik Karabakh Atas

Pertempuran dua negara bekas Turki Ustmani ini dimulai pada 27 September, ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut, yang mengakibatkan korban jiwa.

Hubungan antara dua negara ini memburuk sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Berbagai resolusi PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan Armenia dari wilayah itu.

Organisasi seperti OSCE Minsk Group yang diketuai bersama oleh Prancis, Rusia, dan AS yang dibentuk pada tahun 1992 guna menemukan solusi damai untuk konflik tersebut, namun tidak berhasil. Gencatan senjata juga sempat disepakati pada tahun 1994.

Negara-negara seperti Rusia, Prancis, dan AS, juga telah mendesak gencatan senjata antara kedua negara. Sementara itu Turki mendukung hak Baku untuk membela diri. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Tentara Azerbaijan Berhasil Membebaskan Tiga Desa di Wilayah Nagorno Karabakh"

close