Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Viral Film Pendek Gus Muawafiq Dianggap Lecehkan Muslim Bercadar



Jakarta, Visi Muslim- Sebuah film pendek yang diungah di akun YouTube Chanel NU mendapat respon negatif dari netizen. Film tersebut berjudul ‘Merah Putih vs Radikalisme’.

Dalam keterangan unggahan video itu, akun Chanel NU menjelaskan bahwa film tersebut diperankan oleh Ahmad Muwafiq alias Gus Muawafiq dan para santrinya.

Nampak dalam film tersebut, terlihat beberapa santri yang mengaku NKRI, dan santri yang disebut radikal.

Santri yang disebut radikal ini mengenakan cadar sementara santri yang NKRI hanya mengenakan jilbab dengan memegan bendera merah putih.

Dua kelompok ini dibuat saling berhadap-hadapan dan saling serang. Para santri yang NKRI nampak mengalahkan santri yang disebut radikalis. Hingga santri yang NKRI membuka paksa cadar para santri yang disebut radikalis itu.

Film ini dianggap telah mengadudomba sesama muslim. Dilihat FIN, film tersebut mendapat dislike lebih banyak ketimbang yang dilike. Ada 4,3 ribu dislike sedangkan jumlah like mencapai 3,3 ribu.

Belakangan jumlah like dan dislike film pendek ini disembunyikan tak ditampilkan lagi oleh pengelola akun Nu Channel.

“Yang bikin narasi videonya BAHLUL !!! Namanya mengadu domba sesama Muslim,” tulis salah satu netizen. Ada sekitar 10 ribu lebih netizen mengomentari dan mengecam film tersebut.

Aktivis dakwah, Ustad Hilmi Firdasu juga angkat bicara, dia menilai, film tersebut telah membenturkan sesama muslim. Dia merasa aneh, film itu seolah-seolah muslimah bercadar merupakan orang-orang yang radikalis.

“Kenapa harus membenturkan muslim dengan muslim? Kenapa bukan bendera bintang kejora dan OPM yang dilawan, karena jelas-jelas mereka memang merongrong kedaulatan NKRI ?! Kenapa harus cadar yang disingkap dengan kasar? Buatlah narasi-narasi yang menyatukan ummat. Kita muslim, kita cinta merah putih dan juga cinta syariah Islam.” Tulis Hilmi Firdaus di twitternya, Senin (26/10).

Sementara itu, Wakil Ketua MPR RI 2019-2024 Hidayat Nurwahid meyakini jika film itu bukan berasal dari NU.

“Saya yakin itu bukan filmnya NU. Karena NU pasti tau, menurut Pancasila dan UUD 45 yang jadi lawan Merah Putih itu Radikalisme Komunisme (benderanya Palu Arit), Separatisme (bintang kejora).” Tulis Hidayat Nur Wahid di twitternya.

Politikus PKS ini mengatakan, cadar merupakan ajaran Islam. Yang mana difatwa sunnah oleh para Ulama dunia.
“Adapun “cadar”,itu masih bagian dari fiqh Sunni. Tolak radikalisme, jangan terlena dan pecah belah Umat.” Pungkas Hidayat. [] fajar.co.id

Posting Komentar untuk "Viral Film Pendek Gus Muawafiq Dianggap Lecehkan Muslim Bercadar"

close