Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jutaan Orang Sambut HR5 di Bandara Soetta, Epidemiolog: Belum Ada Laporan Positif Covid



Jakarta, Visi Muslim- Epidemiolog FKM Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono mengatakan belum ada laporan positif Covid 19 dari jutaan orang yang menyambut Habib Rizieq (HRS) di Bandara Soetta.

Berdasarkan data yang dia miliki, belum ada laporan kasus positif Covid-19 akibat kerumunan dalam jumlah banyak yang terjadi di Petamburan, Tebet, dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta).

“Menurut FKM-UI dari data yang ada belum ditemukan klaster akibat kerumunan di Petamburan dan Tebet. Kenaikan kasus di Jakarta lebih mungkin terjadi akibat dampak libur panjang,” ujar Pandu Riono kepada wartawan, Selasa (24/11).

Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat UI ini juga sekaligus membantah Satgas Penanganan Covid-19 yang menyebut muncul klaster penularan virus corona di wilayah Petamburan, Jakarta Pusat.

Pandu menyebut tak ada klaster Petamburan meskipun terjadi kerumunan pada saat penjemputan HRS di Bandara Soetta, Maulid Nabi di Petamburan dan Tebet beberapa waktu lalu.

Berdasarkan data yang dimiliki FKM-UI, kata Pandu, kenaikan kasus positif Covid-19 di DKI Jakarta berasal dari klaster keluarga usai libur panjang 28 Oktober-1 November lalu.

“Menurut saya enggak ada klaster Petamburan, yang positif memang banyak. Tapi enggak ada kaitannya dengan klaster kerumunan itu. Kalau klaster keluarga yang berlibur, itu ada,” kata Pandu kepada wartawan.

Pandu mengatakan lonjakan kasus di DKI justru berasal dari aktivitas libur panjang ketimbang kerumunan Habib Rizieq.

“Di Tebet klaster keluarga karena cuti liburan terbanyak, ditemukan 19 klaster keluarga,” kata Pandu menambahkan.

Pandu menduga narasi kemunculan klaster Covid-19 akibat kerumunan Habib Rizieq di Petamburan maupun Tebet merupakan gerakan untuk menjatuhkan Habib Rizieq.

“Petamburan itu kan bilangnya dikaitkan dengan HRS, enggak juga. Jadi keliatannya sih ini ada gerakan-gerakan untuk jelekin kerumunan tadi,” ujarnya.

Kerumunan dalam jumlah ribuan hingga jutaan terjadi saat penyambutan dan acara Habib Rizieq.

Seperti di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan, Tebet, hingga Megamendung, Kabupaten Bogor. [] Pojoksatu


Posting Komentar untuk "Jutaan Orang Sambut HR5 di Bandara Soetta, Epidemiolog: Belum Ada Laporan Positif Covid"

close