Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wang Yi: Persahabatan China-Afrika Tetap Kokoh dan Stabil Meski Situasi Internasional Sedang Sulit



Beijing, Visi Muslim- Persahabatan antara China-Afrika tetap kokoh dan stabil, tidak peduli apapun situasi internasional yang dihadapi serta kesulitan, hambatan, atau gangguan apa yang dihadapi, kata Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Wang membuat pernyataan tersebut selama wawancara dengan People's Daily saat kunjungannya pada Sabtu, (9/1/2021) ke lima negara Afrika, yaitu Nigeria, Republik Demokratik Kongo, Botswana, Tanzania dan Seychelles.

Wang juga mengatakan bahwa China adalah negara berkembang terbesar, sementara Afrika adalah benua di mana negara-negara berkembang paling terkonsentrasi, dia menambahkan kedua belah pihak telah menikmati persahabatan  yang sangat mendalam.

Dalam perjuangan kemerdekaan dan pembebasan negara-negara Afrika, Cina dan Afrika adalah rekan seperjuangan yang baik dan saudara yang baik, dan dalam proses modernisasi Afrika, mereka adalah mitra yang baik untuk pembangunan bersama dan teman baik untuk memenangkan kerjasama, tambahnya.

Sementara itu, dalam menegakkan hak dan kepentingan bersama negara-negara berkembang dan mempromosikan demokrasi yang lebih besar dalam hubungan internasional, China dan Afrika juga bekerja bahu membahu dan saling mendukung, katanya.

Selama kunjungan ini, pesan yang dikirim oleh China dan Afrika ke dunia luar sangat jelas, kata Wang.

Kedua belah pihak menghargai persahabatan tersebut dan bertekad untuk meneruskannya, dan kedua belah pihak menegaskan dukungan kuat satu sama lain dan berjanji untuk bersama-sama menjaga kedaulatan dan martabat nasional, jelasnya.

Kedua belah pihak memikul misi peremajaan nasional dan siap bergandengan tangan untuk melindungi hak sah mereka atas pembangunan, dan kedua belah pihak berkomitmen terhadap keadilan dan mendukung multilateralisme sejati dan menentang campur tangan eksternal, tambahnya.

Ke depan, China dan Afrika akan semakin memperkuat koordinasi strategis untuk memperkaya kemitraan kerja sama strategis yang komprehensif, memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan di segala bidang untuk mempercepat pembangunan bersama, meningkatkan pertukaran orang-ke-orang dan budaya untuk meningkatkan saling pengertian dan persahabatan antara keduanya. kata Wang.

China dan Afrika juga akan meningkatkan koordinasi dalam urusan internasional untuk membantu membentuk tatanan internasional menuju keadilan dan kesetaraan yang lebih besar, dan selanjutnya menempa pemahaman bersama untuk bersama-sama membangun komunitas China-Afrika yang lebih kuat dengan masa depan bersama, pungkasnya. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Wang Yi: Persahabatan China-Afrika Tetap Kokoh dan Stabil Meski Situasi Internasional Sedang Sulit"