Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PBB: Krisis Kemanusiaan di Afghanistan semakin Mengkhawatirkan



New York, Visi Muslim- Krisis kemanusiaan Afghanistan semakin mengkhawatirkan, kata seorang pejabat tinggi PBB memperingatkan, Rabu, (06/10/2021). Ia menyerukan masyarakat internasional untuk berbuat lebih banyak untuk membantu negara yang sedang dilanda perang itu.

"Ini pertama kalinya saya melihat krisis seperti ini meningkat dan berakselerasi dengan kecepatan dan skala seperti itu," kata Mary-Ellen McGroarty, Country Director Program Pangan Dunia untuk Afghanistan, kepada wartawan di New York selama konferensi pers video.

Sebelum Taliban merebut kekuasaan pada pertengahan Agustus, Afghanistan sudah "mengalami krisis kemanusiaan dalam proporsi yang luar biasa," yang mempengaruhi sekitar 18 juta orang, kata McGroarty. "Ini meningkat dan semakin buruk."

“Kami telah memperkirakan angka itu meningkat, terutama seputar masalah pangan dan gizi buruk,” tambahnya.

Dengan krisis likuiditas yang menyebabkan warga Afghanistan "menjadi semakin putus asa dan memiliki uang yang semakin sedikit," pejabat PBB itu mendesak masyarakat internasional untuk lebih bermurah hati dalam memberikan bantuan kepada Afghanistan saat negara itu bersiap menghadapi musim dingin yang mencekam.

Ditanya apakah Taliban menghambat pengiriman bantuan kemanusiaan, McGroarty mengatakan tidak.

"Kami belum benar-benar menghadapi hambatan apa pun," katanya, seraya menambahkan bahwa bantuan didasarkan pada "prinsip-prinsip kemanusiaan, ketidakberpihakan, netralitas, dan kemandirian operasional." [] Khusnul Khatimah 

Posting Komentar untuk "PBB: Krisis Kemanusiaan di Afghanistan semakin Mengkhawatirkan"