Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Militer Myanmar Lancarkan Serangan Udara di Wilayah Lay Kay Kaw, Ratusan Orang Melarikan Diri ke Perbatasan Thailand



Lay Kay Kaw, Visi Muslim- Militer Myanmar melancarkan serangan udara dan artileri berat di sebuah kota kecil yang dikendalikan oleh gerilyawan etnis, membuat ratusan orang melarikan diri melintasi sungai ke Thailand, terang pejabat dan penduduk setempat, Jumat, (24/12/2021).

Pasukan pemerintah menargetkan Lay Kay Kaw, sebuah kota kecil di dekat perbatasan Thailand yang dikendalikan oleh gerilyawan Karen yang mencari otonomi yang lebih besar dari pemerintah pusat. Pertempuran telah meningkat sejak Februari, ketika militer merebut kekuasaan dari pemerintah terpilih Aung San Suu Kyi, dan gerilyawan menawarkan perlindungan kepada penentang tentara.

Bentrokan terbaru dipicu oleh serangan pekan lalu oleh tentara pemerintah di Lay Kay Kaw.

Media independen Myanmar melaporkan bahwa pasukan pemerintah menangkap 30-60 orang yang terkait dengan oposisi terorganisir terhadap pemerintah militer, termasuk setidaknya satu anggota parlemen terpilih dari partai Liga Nasional untuk Demokrasi pimpinan Suu Kyi.

Serangan udara itu terjadi tiga hari setelah gerilyawan Karen meminta PBB untuk memberlakukan zona larangan terbang di atas Lay Kay Kaw untuk melindungi warga sipil. [] Khusnul Khatimah 

Posting Komentar untuk "Militer Myanmar Lancarkan Serangan Udara di Wilayah Lay Kay Kaw, Ratusan Orang Melarikan Diri ke Perbatasan Thailand"