Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PKS: Peleburan Eijkman ke BRIN Pertontonkan Manajemen Pemerintah Amburadul



Jakarta, Visi Muslim- Peleburan Lembaga Biologi Molekuler Eijkman ke Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) menunjukkan manajemen pemerintah amburadul. Sebab imbas dari peleburan itu, seratusan saintis dan staf dipecat.

“Amburadulnya manajemen pemerintah terlihat di sini. Pegawai yang berstatus non-PNS terancam kehilangan pekerjaan,” kata Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera dikutip dari akun Twitternya, Selasa (4/1).

Ia menjelaskan, solusi yang ditawarkan BRIN juga tidak menyelesaikan masalah. mengingat banyak syarat berliku yang perlu dipenuhi jika mau memindahkan karier sebagai peneliti biologi molekuler ke BRIN.

“Lima pilihan dari BRIN kepada tenaga-tenaga di Eijkman pun belum cukup mengakomodir semua, karena memang ada unsur ketidakadilan yang dirasakan mereka di sana,” kritiknya.

Minimnya perhatian pemerintah kepada para periset Tanah Air ini pun wajar menjadi salah satu alasan para peneliti untuk memilih berkarier di luar negeri.

“Wajar jika publik melihat hal ini sebagai salah satu penyebab banyak orang pintar Indonesia yang mencari ekosistem riset lebih baik di luar negeri,” lanjutnya.

Oleh karenanya, ia meminta kepada pemerintah untuk bertindak tegas mencari solusi agar para periset bisa tetap berbakti kepada bangsa tanpa harus pergi ke negara lain.

“Carut-marut reorganisasi ini haris segera diselesaikan. Jangan sampai jadi menghambat tujuan untuk membangun ekosistem riset yangmendukung pengembangan perekonomian berbasis pengetahuan,” tutup Mardani. (RMOL)

Posting Komentar untuk "PKS: Peleburan Eijkman ke BRIN Pertontonkan Manajemen Pemerintah Amburadul"