Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS


Donald Trump resmi menjadi presiden Amerika Serikat (AS) ke-45, Jumat (20/1). Trump melakukan pembacaan sumpah jabatan yang dipandu Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts di Gedung Capitol, Washington D.C.

"Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya," demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump. 

Trump meletakkan tangan kirinya di atas dua Alkitab yang dipegang istrinya, Melania, saat membaca sumpah. Kedua Alkitab itu merupakan kitab yang digunakan Presiden AS Abraham Lincoln dan Alkitab yang dihadiahkan Ibunda Trump kepadanya pada tahun 1955.

Usai membacakan sumpah jabatan, Trump pun menyampaikan pidato pertama sebagai Presiden AS. Dalam sambutan awal, Trump akan memulihkan janji-janji warga AS, sehingga bisa menentukan arah negara adidaya ini.

"Kita, warga negara Amerika, sekarang bersama dalam upaya nasional yang hebat untuk membangun kembali negara kita bagi seluruh rakyat. Bersama kita akan menentukan arah Amerika dan seluruh dunia untuk bertahun-tahun ke depan," ucap Trump.

Sambutan kedua, Trump menekankan penyerahan kekuasaan antar satu presiden dengan presiden lainnya. "Hari ini, kita tidak hanya menyerahkan kekuasaan dari satu pihak ke yang lain tapi kita menyerahkan kekuasaan dari Washington DC dan memberikannya kembali pada Anda, rakyat," ucap Trump.

"Pada 20 Januari 2017 akan dikenang sebagai hari saat rakyat menjadi penguasa sekali lagi. Mereka yang terlupakan tidak akan lagi dilupakan. Semua orang mendengarkan kalian sekarang," ujarnya.

Tak lupa, Trump berterima kasih kepada Obama karena telah membantunya selama ini.  "Bantuan itu luar biasa, terima kasih," kata Trump.

Terakhir, Trump akan memfokuskan janjinya semasa kampanye sekaligus membuat Amerika hebat kembali. "Mulai hari ini dan selanjutnya, hanya akan menjadi Amerika yang pertama, Amerika yang pertama," ucapnya. 

"Kita akan membuat Amerika kuat kembali. Kita akan membuat Amerika sejahtera kembali. Kita akan membuat Amerika bangga kembali. Dan iya, bersama, kita akan membuat Amerika hebat kembali," ungkap Trump. [ROL]
loading...

Belum ada Komentar untuk "Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel