Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelar Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Bersatu Jember, Aktivis Jember Angkat Bicara Soal Keumatan

Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Bersatu Jember
VisiMuslim, Jember – Menyikapi situasi politik di Indonesia belakangan ini, belasan aktivis Jember berkumpul dan menggelar Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Bersatu Jember pada Rabu (23/05) sore di Aula RMABWS Jember. Dalam forum itu, disepakati lima poin utama pernyataan sikap dari para aktivis terhadap upaya kriminalisasi ulama, aktivis Islam, dan wacana pembubaran ormas Islam.

Forum diskusi panel itu membahas polemik seputar keumatan yang terjadi akhir-akhir ini. 

Pranatacara, Eko Surya Prasetyo mengemukakan, sebagaimana yang telah diketahui bersama, belakangan ini sedang ramai di media massa baik cetak maupun elektronik mengenai pemberitaan kriminalisasi ulama, aktivis Islam, serta pembubaran ormas Islam.

Bahkan media cenderung melakukan stigmatisasi terhadap umat Islam yang ikhlas berjuang mendakwahkan ajaran Islam dengan menuduh mereka melakukan tindakan yang berbahaya dan mengancam negeri ini.

Sedangkan di sisi lain, lanjutnya, kelompok-kelompok yang telah jelas-jelas melakukan tindakan kriminal dan mengancam negeri ini justru dibiarkan.

“Padahal telah diketahui bersama, umat Islam telah memberikan kontribusi besar terhadap kemerdekaan negeri ini,” tutur Eko.

Sambil memimpin pembacaan pernyataan sikap bersama dengan aktivis lain, Eko menegaskan, “Kami yang hadir dalam Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Bersatu Jember menyatakan: menolak terhadap segala bentuk kriminalisasi ulama dan aktivis Islam serta menolak upaya-upaya kriminalisasi terhadap Islam dan penjegalan aktivitas umat Islam (dakwah) dalam bentuk upaya pembubaran ormas Islam.”

Mahasiswa yang aktif di UKM-FH FK2H UNEJ itu menegaskan, ulama dan aktivis Islam telah banyak berkontribusi dalam mengedukasi dan mencerdaskan umat. 

Kami, sambungnya, menyeru kepada semua elemen umat Islam terutama pemuda dan mahasiswa muslim untuk senantiasa menjaga ukhuwah islamiyah yang dilandasi oleh akidah Islam dan senantiasa terjun ke tengah-tengah masyarakat dengan memberikan kontribusi positif.

“Kami akan senantiasa bersatu melawan setiap kezaliman terhadap umat Islam, ulama kaum muslimin, dan gerakan dakwah Islam,” tegasnya. [santuso/VM]

Posting Komentar untuk "Gelar Forum Pemuda dan Mahasiswa Islam Bersatu Jember, Aktivis Jember Angkat Bicara Soal Keumatan"

close