Jual Senjata ke Arab Saudi, Amerika Serikat Terima Rp13.700 Triliun


VisiMuslim - Amerika Serikat telah menyepakati penjualan persenjataan militer dengan Arab Saudi, yang nilainya tak kurang dari 1 miliar dolar atau sekira Rp 13.700 Triliun.

Kesepakatan jual beli senjata itu dilakukan saat Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Muhammad Bin Salman mengunjungi Amerika Serikat baru-baru ini. Kedua negara menyepakati transaksi tersebut saat Bin Salman bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Jamaes Mattis, Rabu (21/03/2018).

Juru bicara pemerintahan Donald Trump pada Kamis (22/03/2018) mengatakan transaksi senilai 1 miliar dolar tersebut termasuk penjualan senjata anti tank jenis TOW dan 6.600 misil. Penjualan senjata anti tank itu senilai 670 juta dolar.

Kesepakatan lainnya adalah pemeliharaan helikopter yang nilainya mencapai 106 juta dolar. Selain itu Amerika juga menyediakan suku cadang kedaraan militer darat yang kontraknya mencapai 300 juta dolar.

“Permintaan misil TOW 2B dan dukungan teknis diajukan Arab Saudi dalam rangka pengembangan kemampuan pertahanan darat yang terintegrasi,” kata juru bicara itu.

Penjualan ini merupakan realisasi dari kesepakatan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Arab Saudi dalam kunjungan Trump ke Riyadh tahun lalu. Sebuah sumber resmi menyebut kedua negara telah menyetujui kontrak yang total nilainya mencapai 100 miliar dolar. [vm]

Sumber: Al Arabiya
loading...

Belum ada Komentar untuk "Jual Senjata ke Arab Saudi, Amerika Serikat Terima Rp13.700 Triliun"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel