Militer Israel Lakukan Simulasi Penyerangan Kota Gaza

Sebuah tank Merkava Israel kembali dari Jalur Gaza ke pengerahan pasukan di dekat perbatasan Israel dengan daerah kantong Palestina pada 3 Agustus 2014 (Foto: File/Press Tv)
VisiMuslim - Israel telah melakukan serangkaian latihan militer di seluruh wilayah yang diduduki, termasuk satu wilayah di Israel selatan yang dilaporkan akan mensimulasikan penyerangan Kota Gaza.

Latihan perang, yang dimulai pada Ahad (15/7) itu diperkirakan akan berlanjut hingga akhir pekan, dan akan ada peningkatan mobilisasi pasukan keamanan, kendaraan dan pesawat, menurut militer Israel.

Menurut situs berita Walla Israel, salah satu latihan perang yang dipimpin oleh Divisi Lapis Baja ke-162 akan menyerbu dan menguasai Kota Gaza di Jalur Gaza.

Latihan dimulai sehari setelah Tel Aviv melancarkan pemboman paling berat di Jalur Gaza sejak 2014, yang mendorong Koordinator Khusus PBB untuk Timur Tengah Nickolay Mladenov memperingatkan, bahwa Israel dan Gaza berada di jurang perang, Press TV yang dikutip MINA melaporkan.

Ancaman Israel dari perang dengan skala penuh di Jalur Gaza mengikuti upayanya untuk menghentikan layang-layang dan balon udara pembakar yang diluncurkan dari wilayah yang dikepung, tetapi tidak berhasil. Ada ratusan kebakaran di lahan pertanian Israel yang disebabkan oleh layang-layang dan balon udara yang membawa bom api.

Sekelompok pemuda Palestina yang telah meluncurkan perangkat primitif ke Israel selatan mengancam akan meningkatkan aktivitas mereka pada hari Ahad.

Para pemuda mengatakan mereka akan melakukan respon berkekuatan tinggi melawan Israel mengingat serangan yang semakin intensif di Jalur Gaza.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh juga mengatakan pada sebuah upacara pemakaman, bahwa Palestina akan menantang Israel dengan protes di dekat pagar Gaza sampai blokade Israel di daerah kantong yang miskin itu dicabut.

Pada konferensi pers hari Ahad, Mladenov mengatakan kemerosotan cepat situasi di daerah kantong pantai memiliki faktor kemanusiaan, di mana ekonomi telah runtuh di tengah pengepungan Israel yang melumpuhkan selama lebih dari satu dekade.

Penasihat media Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNRWA) Adnan Abu Hasna mengatakan, warga Palestina di Jalur Gaza tidak akan kehilangan apa-apa karena dia memperingatkan tentang perang Israel yang baru.

“Kami mendengar serangan, drone dan F-16. Orang-orang membicarakan eskalasi dan hal-hal semacam ini,” katanya.

“Kerusakan akibat perang 2014 masih belum diperbaiki, tetapi masalah utama di Gaza adalah orang-orang tidak akan rugi,” kata Abu Hasna kepada situs berita Ynet Israel.

Pada Sabtu (14/7) terjadi puluhan serangan udara Israel, menewaskan dua orang Palestina. Sekitar 200 roket dan mortir ditembakkan dari Gaza ke Israel sebagai balasan dan menyebabkan empat orang Israel terluka.

Militer Israel mengumumkan bahwa mereka akan mengerahkan tambahan kekuatan rudal Iron Dome di Israel selatan dan di wilayah Tel Aviv yang lebih besar, setelah eskalasi. Ia juga meminta cadangan untuk menyediakan kekuatan tambahan untuk pertahanan.

‘Israel membunuh anak-anak Palestina’

Hanan Ashrawi, anggota komite eksekutif Organisasi Pembebasan Palestina pada Ahad (15/7) mengatakan, Israel sengaja menargetkan dan membunuh anak-anak Palestina.

Komentarnya itu muncul setelah rudal Israel menghantam sebuah gedung tinggi di Gaza, yang menyebabkan dua remaja tewas. Remaja lainnya ditembak dan dibunuh oleh pasukan Israel saat dia menghadiri protes di sepanjang pagar Gaza pada hari Jumat.

“Israel dengan sengaja menargetkan dan membunuh anak-anak Palestina. Tindakan brutal dan kriminal seperti itu terhadap rakyat Gaza dibiarkan bertahan oleh ketidaksukaan masyarakat internasional dan kolusi Amerika dengan pendudukan militer,” kata Ashrawi.

“Penargetan tempat umum dan taman bermain merupakan kejahatan perang dan melanggar hukum internasional serta hukum humaniter internasional,” tambahnya.

Ashrawi mengatakan selama dunia tetap diam, tindakan sistematis Israel untuk menyiksa dan meneror orang-orang Palestina yang tidak berdosa akan terus berlanjut. [vm]

Sumber : MINA
loading...

Belum ada Komentar untuk "Militer Israel Lakukan Simulasi Penyerangan Kota Gaza"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel