Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keluarga Uighur yang Kehilangan Anggota Keluarga Gunakan TikTok untuk Publikasikan Penahanan China

PHOTO: China says the 're-education' camps provide vocational training. (Reuters: Thomas Peter)
VisiMuslim - Orang-orang Uighur mengirimkan pesan di aplikasi video media sosial Tiktok dengan menunjukkan anggota keluarga mereka yang menghilang, dalam upaya terbaru mereka meningkatkan kesadaran tentang 1 juta orang Uighur yang ditahan di kamp-kamp di seluruh wilayah Xinjiang China.

Video-video tersebut, banyak yang memperdengarkan musik sedih, memperlihatkan gambar orang yang hilang, dengan foto atau video orang yang memposting di bagian depan. Banyak dari mereka yang mengunggah video menangis.

TikTok memungkinkan pengguna untuk membagikan video pendek, 15 hingga 60 detik, biasanya disetel dengan dialog film atau musik. Aplikasi ini mengelompokkan video yang menggunakan klip musik yang sama, memungkinkan pengguna untuk melihat beberapa video yang diposting oleh Uighur tentang orang-orang yang mereka cintai yang hilang secara bersamaan.

David Brophy, seorang dosen senior dalam sejarah China modern di University of Sydney, mengatakan video itu dapat menunjukkan “sedikit berkurangnya tekanan keamanan di Xinjiang”.

“Itu mungkin memberi lebih banyak Uighur kepercayaan diri untuk tampil di public dengan situasi mereka. Mereka jelas putus asa, dan mengambil risiko besar dalam melakukan ini, tetapi ini bisa menandakan titik balik dalam kemauan orang-orang di Xinjiang untuk menentang partai-negara dan mengekspresikan perlawanan terhadap apa yang sedang terjadi, “katanya.

China terus bersikeras bahwa pusat-pusat penahanan di provinsi barat Xinjiang adalah fasilitas pelatihan kejuruan dan telah melakukan propaganda tentang mereka, membawa jurnalis dalam tur dan merilis video propaganda yang memperlihatkan para tahanan dalam pelajaran, berpartisipasi dalam kegiatan budaya dan bekerja di pekerjaan pabrik.

Pada briefing di akhir Juli, Shohrat Zakir, ketua pemerintah daerah, mengatakan sekitar 90% dari orang-orang yang telah dibebaskan dari kamp-kamp re-edukasi itu pergi untuk mencari pekerjaan yang cocok dan mendapatkan “uang banyak”.

Sebagai tanggapan, orang-orang mulai berbagi gambar di media sosial orang yang mereka cintai, yang masih hilang, dengan tagar: “ProveThe90″.

Pada bulan Februari, dalam upaya untuk menghapuskan rumor tentang kematian musisi Uighur terkenal Abdurehim Heyit, yang menghilang di Xinjiang pada tahun 2017, media pemerintah China merilis video Heyit yang membuktikan kesehatannya. Dalam video itu, dia mengatakan dia berada dalam tahanan polisi dan “tidak pernah dimanfaatkan”.

Sebagai tanggapan, para aktivis dan orang Uighur tinggal di luar negeri meminta bukti video kehidupan kerabat mereka di bawah tagar #MeTooUighur.

Warga Uighur sangat berhati-hati dalam berkomunikasi di aplikasi media sosial China, WeChat, karena dipantau secara ketat oleh Beijing.

Warga Uighur di luar Tiongkok telah berjuang untuk mengakses informasi tentang anggota keluarga yang telah dikirim ke kamp cuci otak.

Sangatlah berbahaya bagi orang-orang di Xinjiang untuk melakukan kontak dengan orang-orang di luar China, yang berarti bahwa bahkan mereka yang belum ditahan tidak dapat menghubungi anggota keluarga di seluruh dunia karena khawatir hal itu dapat menempatkan mereka dalam bahaya.[hdy]

Posting Komentar untuk "Keluarga Uighur yang Kehilangan Anggota Keluarga Gunakan TikTok untuk Publikasikan Penahanan China"

close