Di HUT ke-70, China Pamerkan “Senjata Pamungkas”

Foto: Polisi paramiliter Tiongkok berjaga-jaga ketika sebuah kendaraan militer Tiongkok kemungkinan membawa pesawat tak berawak di sepanjang Jalan Jianguomenwai di Beijing selama uji coba parade. Foto / AP
VisiMuslim - China akan mengungkap senjata canggih terbaru dalam salah satu parade militer terbesar negara itu. Senjata ini diklaim sebagai “senjata pamungkas”.

Perangkat keras militer baru diperkirakan akan menjadi pusat perhatian pada parade besar di ibukota China Beijing pada 1 Oktober untuk menandai 70 tahun pemerintahan Komunis. Pameran akan berlangsung di Lapangan Tiananmen di depan para pejabat, anggota masyarakat terpilih dan 188 atase militer dari 97 negara.

Peralatan yang paling ditunggu-tunggu itu adalah Dongfeng-41, rudal balistik antarbenua yang dikatakan memiliki jangkauan paling jauh dari semua rudal nuklir dan dapat mencapai Amerika Serikat dalam 30 menit.

Spekulasi telah tersebar luas mengenai senjata apa yang akan diluncurkan. Latihan parade menunjukkan rudal dan pesawat terbang di bawah balutan kamuflase.

Parade ini dilatarbelakangi oleh memburuknya hubungan ekonomi dengan AS dan terus berlangsungnya protes di Hong Kong. Pemerintah China ingin menegaskan dominasinya di Asia dan khususnya di Laut China Selatan di mana ia sibuk membangun pulau-pulau militer di perairan internasional.

Mereka juga ingin menegaskan klaimnya kepada Taiwan yang telah secara efektif menjadi negara merdeka sejak Komunis mengambil alih daratan China pada 1949 dan yang Beijing anggap sebagai provinsi pemberontak.

Ini dianggap sebagai pesan China kepada AS tentang kekuatan militer yang dimiliki. Menurut juru bicara Kementerian Pertahanan Mayor Jenderal Cai Zhijun, parade hari Selasa ini akan diikuti 15.000 tentara, lebih dari 160 pesawat terbang dan 580 buah peralatan militer. [www.visimuslim.org]

Sumber: NZ Herald

Belum ada Komentar untuk "Di HUT ke-70, China Pamerkan “Senjata Pamungkas”"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...