Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Warga Kabupaten Malang Positif Corona Diisolasi di RSUD Kanjuruhan


Kota Malang-VisiMuslim-- Satgas Covid-19 Kabupaten Malang menyebutkan ada empat warga yang dinyatakan positif corona. Satu di antaranya telah meninggal dunia. Sementara yang tiga lagi menjalani isolasi di RSUD Kanjuruhan.

"Untuk yang terkonfirmasi terinfeksi virus Covid-19 ada empat orang. Satu meninggal dunia pada 14 Maret 2020 lalu. Sementara tiga orang kini dirawat di RSUD Kanjuruhan," kata Kepala Satgas Covid-19 Kabupaten Malang, Bambang Istiawan saat dikonfirmasi detikcom, Selasa (24/3/2020).

Bambang mewanti-wanti agar identitas tiga pasien positif Covid-19 tersebut tak dipublikasikan. Ini mencegah adanya stigmatisasi dan kegaduhan di masyarakat.

"Ada tiga yang positif, sekarang telah dilakukan perawatan intensif di RSUD Kanjuruhan," imbuh Bambang.

Kendati demikian, Bambang tak memungkiri jika ketiga pasien yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 memiliki keterkaitan dengan satu pasien yang telah meninggal 14 Maret 2020 lalu. "Iya keempatnya ada kaitannya," jawabnya.

Sebelumnya, lima anggota keluarga seorang pasien positif corona yang meninggal dunia dari wilayah Dau, Kabupaten Malang dievakuasi ke RSUD Kanjuruhan di Jalan Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (21/3) malam. Mereka terdiri dari dua orang tua pasien yang meninggal dunia, suami serta dua orang anak dari pasien berjenis kelamin perempuan itu.

Satgas Covid-19 Kabupaten Malang telah memetakan sebaran virus corona di wilayahnya. Tercatat setidaknya ada 16 ODP dan 6 Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Belasan ODP tersebut tersebar di sembilan kecamatan. Yakni Kecamatan Kromengan sebanyak 1 orang, Kepanjen 3 orang, Dau 2 orang, Pujon sebanyak 1 orang, Lawang 1 orang, Singosari sebanyak 3 orang, Turen sebanyak 3 orang, Dampit dan Ampelgading masing-masing 1 orang.

Sementara untuk PDP hanya ada di dua kecamatan saja. Yaitu Kecamatan Pakis sebanyak 2 orang dan Kecamatan Singosari sebanyak 4 orang.

"Sesuai peta sebaran yang kami buat, itulah jumlah PDP, ODP dan terkonfirmasi positif Covid-19," beber Bambang.

Bambang mengaku, sosialisasi terus dilakukan bersamaan dengan kebijakan Pemkab Malang untuk mencegah penyebaran virus Corona dengan meniadakan kegiatan yang melibatkan kerumunan massa.

"Hari ini terus dilakukan penyemprotan desinfektan di sejumlah titik. Untuk wilayah Dau menggunakan drone," pungkasnya. [] dtk

Posting Komentar untuk "3 Warga Kabupaten Malang Positif Corona Diisolasi di RSUD Kanjuruhan"