Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PWNU Jatim Himbau Umat Muslim Tetap Melaksanakan Sholat Jumat


Surabaya-Visi Muslim-  Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengimbau kepada masyarakat supaya tetap melaksanakan salat Jumat di masjid.

Imbauan tersebut diberikan kepada masyarakat yang berada di lokasi aman dari terpaparnya virus corona (Covid-19).

"Para kiai tetap mengimbau masyarakat tetap melakukan aktivitas Jumatan jamaah terlebih di lokasi aman. Sekiranya masyarakat tahu dan masyarakat setempat tidak tercampur siapa-siapa, maka wajib melakukan aktivitas Jumatan seperti biasanya, ndak usah panik," kata Ketua PWNU KH. Marzuki Mustamar, seperti melansir dari detikcom pada Jumat (20/03/2020).

Meski demikian, PWNU tidak serta melarang bagi masyarakat yang merasa khawatir akan terpapar virus corona, sehingga meniadakan pelaksanaan ibadah salat Jumat. Namun, apabila yang menurut pemerintah tempat tersebut telah terpapar virus corona atau bisa disebut lingkungan tersebut rawan, sehingga masyarakat merasa takut akan terpapar, maka boleh tak menghadiri jumatan di tempat tersebut.

Sedangkan bagi yang telah terinfeksi atau merasa ada gejala terinfeksi, Marzuki mengatakan maka orang tersebut tidak diperbolehkan untuk salat di rumah saja dan tidak boleh mengikuti salat Jumat atau berjamaah di masjid, karena dikhawatirkan dapat menginfeksi jamaah lain. Tak hanya itu, Ia juga menyuruh supaya mereka yang merasa ada gejala terinfeksi untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit setempat.

Sementara itu, menanggapi kebijakan pemerintah untuk bekerja, beraktibitas dan beribadah di rumah, PWNU mengimbau agar tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Sebab kondisi saat ini dinilai masih tetap aman. "Kemudian PWNU mengimbau masyarakat tetap melakukan aktivitas seprti biasanya, seperti narik becak ya narik, ke sawah ya ke sawah dan lain-lain," tutur Marzuqi.

Namun, dikhususkan untuk di lingkungan yang ada di beberapa daerah atau di bandara dan stasiun di terminal atau masjid umum tetap harus mengikuti prokoler yang telah ditetapkan pihak kesehatan. Seperti sering mencuci tangan pakai sabun dan sanitizer. Namun ia juga mengimbau jangan sampai karena adanya penyebaran penyakit ini, dapat mengurangi keiman kepada Allah. [] Cp

Posting Komentar untuk "PWNU Jatim Himbau Umat Muslim Tetap Melaksanakan Sholat Jumat"