Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

India dan China Sepakat Selesaikan Persoalan Perbatasan Melalui Jalur Diplomasi


New Delhi, Visi Muslim- India dan Cina sepakat untuk menyelesaikan sengketa perbatasan kedua negara di wilayah Ladakh melalui dialog, sehari setelah perundingan tingkat militer diadakan antara kedua negara.

Kementerian Luar Negeri India, dalam sebuah pernyataan pada hari Minggu, (7/6/2020), mengatakan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk menyelesaikan situasi yang sempat memanas tersebut secara damai "sesuai dengan perjanjian bilateral."

"Kedua pihak juga mencatat bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik antara kedua negara, dan sepakat bahwa resolusi awal akan berkontribusi pada pengembangan lebih lanjut dari hubungan itu," kata sebuah siaran pers.

Kedua belah pihak juga akan melanjutkan keterlibatan militer dan jalur diplomatik guna menyelesaikan situasi, tambahnya.

Sebuah delegasi yang dipimpin oleh Letjen Harinder Singh, komandan 14 Korps yang berbasis di Leh, mengadakan pertemuan dengan delegasi Tiongkok yang dipimpin oleh seorang Mayor Jenderal.

Ini adalah pertemuan puncak tingkat militer pertama sejak pertikaian yang dimulai pada Mei.

Pertikaian perbatasan telah menyebabkan dikirimnya tentara dari kedua belah pihak di Lembah Galwan di wilayah Himalaya, mereka saling menuduh satu sama lain melakukan pelanggaran atas perbatasan yang disengketakan.

“India sedang dalam pembicaraan dengan Cina. Kami memiliki mekanisme untuk menyelesaikan masalah dan kami bekerja sesuai mekanisme itu. Tidak ada yang lebih baik jika itu dapat diselesaikan melalui perundingan," tulis Rajnath Singh, menteri pertahanan India, dalam Twitter-nya, minggu lalu.

Ketegangan perbatasan antara kedua negara telah ada selama lebih dari tujuh dekade. Perbatasan yang disengketakan juga menyebabkan Perang Sino-India pada tahun 1962.

Pekan lalu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Zhao Lijian mengatakan bahwa "komunikasi antara China dan India tentang masalah perbatasan telah terbuka," ia menambahkan bahwa masalah itu akan segera diselesaikan. [] Gesang

Posting Komentar untuk "India dan China Sepakat Selesaikan Persoalan Perbatasan Melalui Jalur Diplomasi"

close