Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ulama Kab. Malang, Kyai Bahron Kamal: Gelar Para Sultan Di Jawa: Bukti Buah Dakwah Wali Songo: Da’i Utusan Khilafah

 

Kab. Malang, Visi Muslim- Kegembiraan nampak pada diri para ulama setelah menyaksikan penayangan film Jejak Khilafah di Nusantara (JKDN). Kegembiraan tersebut juga diketahui melalui ungkapan kata-kata. Diantara para ulama tersebut adalah Kyai Bahron Kamal Pengasuh Majlis Taklim Ihya’ul Qulub Kabupaten Malang yang mengungkapkan:

“Iya… Gelar para sultan, misalnya Sultan Agung Hanyokrokusumo, yang diberi gelar Sayyiddin Panotogomo Khalifatullah Ing Tanah Jawi ini kan gelar sebagai penguasa yang bertanggung jawab terhadap (pelaksanaan) agama Islam di daerah kekuasaannya”.

“Tentu saja gelar itu diberikan oleh kekuasaan yang lebih tinggi, kekuasaan yang lebih besar, yakni Khalifah (pemimpin Khilafah)”.

Lebih lanjut, beliau menegaskan:

“Sedangkan keislaman para raja, pangeran dan masyarakat biasa di Jawa merupakan hasil dari dakwah yang dilakukan oleh Wali Songo, sebagai da’i yang diutus oleh Khilafah”.

“Bukti lain bahwa Wali Songo merupakan utusan Khilafah adalah adanya arsip berupa surat korespondensi antara penguasa (raja-raja) di Nusantara kepada Khalifah (Pimpinan Khilafah). Isi surat korespondensi tersebut adalah permintaan pengiriman da’i-da’i untuk menyampaikan Islam dan mengajarkannya kepada mereka dan rakyat”.

“Makanya, Nusantara itu termasuk tanah Usyriyyah (tanah/wilayah yang penduduknya menerima Islam), bukan tanah Kharajiyyah (tanah/wilayah yang ditaklukkan). Karena dakwah dilakukan dengan damai, penuh nasehat, bimbingan, didikan dan akhlak oleh para wali”.

“Jadi wali songo adalah utusan Khilafah dan nusantara merupakan bagian dari Khilafah”. Pungkas beliau. Semoga kita diberi kekuatan untuk mengemban amanah tanah Nusantara yang telah diwariskan oleh wali songo kepada kita. []

Posting Komentar untuk "Ulama Kab. Malang, Kyai Bahron Kamal: Gelar Para Sultan Di Jawa: Bukti Buah Dakwah Wali Songo: Da’i Utusan Khilafah "