Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Demam Diriliş Ertuğrul, Ini Ulasan Media Inggris tentang Serial Sejarah Turki Itu



Islamabad, Visi Muslim-  Sebuah publikasi Inggris menggali jauh ke dalam kesuksesan global dari drama sejarah Turki yang sukses besar Diriliş Ertuğrul atau “Resurrection: Ertugrul” yang berarti “Kebangkitan: Ertugul.” Drama yang dibintangi Engin Altan ini disebut-sebut sebagai “Muslim Game of Thrones.”

Dalam sebuah artikel berjudul “Ertuğrul: bagaimana serial TV epik menjadi Game of Thrones Muslim”, Aina Khan, seorang penulis untuk The Guardian, memastikan apa yang menyebabkan serial hit di Turki ini menjadi fenomena global.

Khan memulai artikelnya dengan menyatakan bahwa ibunya juga merupakan penggemar berat epik besar tersebut.

“Penggambaran positif dari ritual dan skrip Islam, yang sering kali menyertakan kata-kata bijak dari Ibn ‘Arabî dari Andalusía – salah satu filsuf Muslim terbesar – telah membantunya mengukir tempat unik dalam lanskap hiburan,” katanya.

Penulis menyinggung romantisme, kostum mewah, irama musik yang apik, penggambaran Muslim, dan representasi perempuan Muslim dalam drama yang diakui dunia ini.

“Itu karena kami ingin melihat orang kulit coklat di TV yang digambarkan dengan baik dan bangga dengan budaya mereka,” kata Tausif Khan, seorang manajer senior berusia 30 tahun di sebuah perusahaan konsultan di Inggris kepada Khan.

Seringkali digambarkan sebagai Game of Thrones Turki, serial ini menggambarkan Anatolia abad ke-13 dan menceritakan kisah sebelum berdirinya Kekaisaran Ottoman. Ini menggambarkan perjuangan Ertugrul Gazi, ayah dari pemimpin pertama kekaisaran tersebut. Dia memiliki tekad dan kekuatan luar biasa untuk mencapai suatu tujuan.

Serial ini menggambarkan perjuangan Ertuğrul dan para pejuangnya melawan sejumlah besar musuh dari Ksatria Templar hingga penjajah Mongol.

Dia adalah orang yang tampil lebih kuat setelah setiap pencobaan, penyergapan, pengkhianatan dan antagonisme dan menunjukkan tekad yang luar biasa untuk mencapai tujuannya.

Dikutip dari Daily Sabah, Serial Turki “Diriliş Ertuğrul” adalah pengingat yang tepat dan relevan bagi dunia Muslim yang terpecah belah yang menghadapi tantangan serupa dalam memerangi korupsi, ketidakadilan, dan ketidaksetaraan.

Pesan intinya adalah untuk meninjau kembali dan memikirkan kembali masa lalu Muslim yang mulia yang berasal dari prinsip-prinsip fundamental Islam, sebuah agama yang saat ini sedang menghadapi Islamofobia yang merajalela, sementara Muslim terjerat dalam kekacauan politik, konfrontasi timbal balik, penyangkalan dan kekacauan.

Ertuğrul telah membawa kembali gagasan imajiner untuk membangun masyarakat yang mendukung keadilan dan kesetaraan serta memerangi penindasan, kekurangan dan korupsi.

Turki adalah salah satu dari lima negara pengekspor serial teratas di dunia, memikat penonton dari Amerika Latin hingga Asia Tengah. Lusinan serial Turki diikuti oleh lebih dari 500 juta penonton di lebih dari 150 negara, menurut Kementerian Kebudayaan Turki.

Resurrection: Ertugrul sendiri telah menarik pujian khusus dengan pemirsa dari lebih dari 70 negara. Sukses besar seria kolosal ini diraih di Turki dan Pakistan.

Rekor tercatat Pakistan. Sebanyak 133,38 juta orang telah menonton serial ini. Tidak ada film, drama atau dokumenter selain Diriliş Ertuğrul yang begitu menarik perhatian banyak orang Pakistan sejauh ini.

Saat ini, bayi yang baru lahir di Pakistan bahkan diberi nama sesuai dengan karakter di serial tersebut. Para aktor Turki yang bermain di serial itu pun didekati oleh bisnis dan perusahaan jasa Pakistan termasuk klub kriket untuk menjadi duta merek mereka. []

SUMBER: DAILY SABAH | YENI SAFAK

Islampos.com


Posting Komentar untuk "Demam Diriliş Ertuğrul, Ini Ulasan Media Inggris tentang Serial Sejarah Turki Itu"

close