Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mike Pompeo: Mulai Minggu Depan AS akan Berlakukan Sanksi Baru Terhadap Iran



Washington, Visi Muslim- Menteri Luar Negeri AS,  Mike Pompeo pada Rabu, (16/9/2020) menegaskan bahwa Amerika Serikat akan memberlakukan sanksi baru "PBB" terhadap Iran mulai minggu depan.

"Amerika Serikat akan melakukan apa yang selalu dilakukannya. Ia akan melakukan bagiannya sebagai bagian dari tanggung jawabnya untuk memungkinkan perdamaian, kali ini di Timur Tengah," kata Pompeo pada konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, dilansir dari AFP.

"Kami akan melakukan semua hal yang perlu kami lakukan untuk memastikan sanksi itu diberlakukan," tambahnya.

Pada bulan Agustus, Washington telah memulai proses pemulihan semua sanksi PBB sejak 2015 terhadap Iran. Langkah untuk mengaktifkan kembali "snapback" (bentakan) yang  dilakukan setelah Dewan Keamanan PBB menolak resolusi AS untuk memperpanjang embargo senjata di Iran, yang akan berakhir pada Oktober.

Namun, presiden Dewan Keamanan PBB menolak permintaan AS tersebut, dengan mengatakan belum ada kesepakatan umum di antara anggota dewan.

Langkah "snapback" adalah bagian dari resolusi Dewan Keamanan PBB pada 2015 yang memungkinkan setiap peserta dalam kesepakatan nuklir dengan Iran yang dinegosiasikan di bawah mantan Presiden Barack Obama untuk memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran.

Presiden Donald Trump menarik diri dari perjanjian pada tahun 2018, tetapi Pompeo berpendapat bahwa Amerika Serikat tetap menjadi "peserta" seperti yang tercantum dalam resolusi 2015.

Sanksi tersebut disahkan oleh "resolusi Dewan Keamanan PBB yang sah," tutup Pompeo. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Mike Pompeo: Mulai Minggu Depan AS akan Berlakukan Sanksi Baru Terhadap Iran"

close