Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ustadz H Muhammad Rifai Hamdi, MSc, Guru Terjemah Al Quran Pejuang Syariah dan Khilafah Itu Telah Pergi

 


Banjarmasin, Visi Muslim- Pertama mengenal beliau di masjid ar Ridho (kampung Arab), Antasan Kecil Barat Banjarmasin. Al faqiir dan beberapa jama’ah rutin belajar terjemah al Quran per kata. Saya namakan metode al Baghdady, karena beliau saat studi di Australia pernah belajar metode ini dengan Syaikh Abdurrahman al Baghdady. Di pengantar buku yang sedang al faqiir susun “Metode Praktis Terjemah al Quran”, al faqiir rencanakan beliau memberikan kata pengantarnya.

Beliau adalah seorang da’i yang unik. Ceramah dan khutbahnya khas, dengan ilustari yang unik dan kocak. Beliau senantiasa hadir di forum dakwah bersama anak-abak muda (pelajar dan mahasiswa), padahal usia beliau sudah syaikh (sepuh), 67 tahun. Hampir setiap forum diskusi beliau selalu berpartisipasi dengan memberi tanggapan atau pertanyaan serta solusi yang konstruktif.

Beliau juga aktif menyebarkan majalah dan buletin dakwah, khususnya di lingkungan kantor beliau. Ada hal menarik saat bermuamalah dengan beliau, beliau memiliki catatan yang lengkap terkait akad-akad majalah yang beliau beliau dari al faqiir. Kata beliau ini sunnah Nabi yang disebut dalam al Quran (al Baqarah ayat 282).

Beliau adalah seorang pengemban dakwah yang jujur dan berintegritas. Seorang shahib beliau cerita pada al faqiir, beliau sangat menjaga soal harta. Anti suap, anti korupsi, padahal beliau bekerja di “lahan basah”.

Satu lagi satu kebaikan dari banyak kebaikan beliau yang perlu al faqiir persaksikan. Jauh sebelum era dakwah sosmed, beliau sudah terbiasa mendata email siapa saja yang beliau kenal, lalu beliau secara rutin mengirim materi dakwah dari buletin dakwah al Islam. Allahu Akbar, beliau adalah lelaki tua yang berjiwa muda.

Rahimahullahu…Allah menyayangi beliau. Pagi ini mendapat kabar beliau meninggal di RS Idaman Banjarbaru. Saya bersaksi beliau min ahlil khair, pejuang Islam, pejuang syariah dan khilafah hingga akhir. Ya Allah ampunkan dosa beliau, tinggikan derajat beliau di maqam ulama dan syuhada. Kumpulkan kami kelak di jannah-Mu. Aamiin

Banjarmasin, 06 September 2020

al faqiir ilaLlah Wahyudi Ibnu Yusuf

Posting Komentar untuk "Ustadz H Muhammad Rifai Hamdi, MSc, Guru Terjemah Al Quran Pejuang Syariah dan Khilafah Itu Telah Pergi"

close