Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

China dan Indonesia Tingkatkan Kerjasama Vaksin Covid-19

 

Yunnan, Visi Muslim- China dan Indonesia berjanji untuk memperkuat kerja sama dalam vaksin COVID-19. Hal itu disampaikan selama pembicaraan antara Penasihat Negara China dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia, Wang Yi dan Luhut Binsar Pandjaitan, utusan khusus Presiden Indonesia dan Koordinator Kerja Sama negara dengan China.

Dikutip dari CGTN, Kedua utusan itu bertemu pada Jumat, (9/10/2020) di Provinsi Yunnan, barat daya China.

Wang mengatakan bahwa vaksin adalah fokus kerjasama anti-epidemi bilateral saat ini, Wang menambahkan China bersedia bekerja dengan Indonesia untuk mempromosikan penelitian dan pengembangan, produksi dan penggunaan vaksin secara komprehensif, serta bersama-sama berkontribusi pada ketersediaan dan keterjangkauan vaksin di Indonesia.

Wang menegaskan bahwa mempercepat pembangunan Belt and Road adalah senjata ampuh untuk melawan dampak pandemi.

Kerja sama Belt and Road antara China dan Indonesia sempat terhambat karena ujian pandemi, kerjasama ini telah menjadi "jangkar stabilitas" bagi kerjasama antara kedua negara, katanya.

Diketahui bahwa tahun ini menandai peringatan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik China-Indonesia, Wang berharap kedua negara dapat memperkuat kerja sama di segala bidang termasuk e-commerce, kecerdasan buatan, serta pertukaran masyarakat dan budaya.

Ia mengatakan bahwa kedua negara harus memainkan peran utama dalam menegakkan keadilan dan menjaga multilateralisme dan demokratisasi hubungan internasional, dan menjaga kepentingan bersama negara-negara berkembang.

Luhut mengatakan, Indonesia bersedia fokus memperkuat kerja sama vaksin dan kesehatan dengan China, kedua pihak juga menandatangani dokumen kerja sama Belt and Road Initiative dan Global Maritime Fulcrum, serta bersama-sama menjunjung multilateralisme. [] Gesang

Posting Komentar untuk "China dan Indonesia Tingkatkan Kerjasama Vaksin Covid-19"

close