Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Luhut: Covid-19 Membuka Celah Transformasi Ekonomi Wujudkan Making Indonesia 4.0



Jakarta, Visi Muslim- Transformasi ekonomi dalam era Making Indonesia 4.0 di Indonesia penting dijalankan dalam masa pandemi Covid-19 ini yang juga didukung perkembangan digital yang cepat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan, adanya wabah Covid-19 telah mengubah arah investasi. Banyak negara yang sebelumnya berkiblat kepada China kini mulai mencari negara lain untuk mengalihkan investasi mereka.

Indonesia, kata Luhut, adalah salah satu negara yang mulai dilirik para investor untuk memindahkan industri mereka. Hal inilah yang dinilainya harus dimanfaatkan betul untuk membangun ekonominya dalam konteks Making Indonesia 4.0 di Indonesia.

“Tujuannya supaya kita mampu memanfaatkan situasi ini dengan menunjukkan bahwa kita kompetitif dan mampu bersaing secara global,” jelasnya, Selasa (20/10).

Salah satu sektor yang bisa dimanfaatkan dan dikembangkan, kata Luhut, adalah sektor otomotif, terutama electric vehicle (EV).

“Indonesia memiliki sumber daya melimpah dalam pembuatan EV yakni nikel, aluminium, dan tembaga. Ketiga jenis sumber daya ini dapat diintegrasikan agar membuat industri hilirisasi yang kompetitif di ranah persaingan global,” kata Menko Luhut.

Saat ini, produsen mobil dan baterai dunia berlomba mencari destinasi investasi untuk fasilitas produksi mereka. Peningkatan produksi kendaraan listrik dapat menghasilkan penciptaan 10 juta pekerjaan, dan nilai ekonomi sekitar 150 miliar dolar AS karena berkontribusi pada kemajuan terkait dengan Perjanjian Paris tentang perubahan iklim.

“Apabila semua atau sebagian besar supply chain yang terkait bisa diproduksi di Indonesia, maka Indonesia bisa menjadi pemain kunci secara global di industri masa depan ini,” ucapnya.

Menko Luhut juga mengingatkan, Making Indonesia 4.0 ini mampu berjalan jika pihak industri mampu berkolaborasi dengan perguruan tinggi dalam mengembangkan SDM yang andal.

“Pihak yang berada dalam ekosistem industri yang ingin kita bangun ini, seperti asosiasi tenaga kerja, asosiasi industri, NGO, perusahaan, bersama dengan institusi pendidikan perlu bekerja sama dengan baik untuk mewujudkan cita-cita pengembangan sektor otomotif," tandasnya. [] Rmol

Posting Komentar untuk "Luhut: Covid-19 Membuka Celah Transformasi Ekonomi Wujudkan Making Indonesia 4.0"

close