Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertemuan Trilateral Antara Rusia, Azerbaijan dan Armenia, Bahas Konflik Karabakh Atas

 


Moskow, Visi Muslim- Pertemuan konsultasi trilateral antara Rusia, Azerbaijan dan Armenia mengenai konflik Karabakh Atas digelar di Moskow pada hari Jumat, (9/10/2020).

Agenda tersebut diselenggarakan atas inisiatif Rusia, pertemuan diadakan antara Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov, Menteri Luar Negeri Azerbaijan Jeyhun Bayramov dan Menteri Luar Negeri Armenia Zohrab Mnatsakanyan.

Sebelumnya pertempuran juga pernah diadakan pada 27 September, ketika pasukan Armenia menargetkan pemukiman sipil Azerbaijan dan posisi militer di wilayah tersebut, yang mengakibatkan korban jiwa.

Hubungan antara kedua republik bekas Turki Ustmani dan Uni Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, atau Nagorno-Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Sejumlah resolusi PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan Armenia dari wilayah pendudukan.

OSCE Minsk Group yang diketuai bersama oleh Prancis, Rusia, dan AS - dibentuk pada tahun 1992 untuk menemukan solusi damai untuk konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. Gencatan senjata juga pernah disepakati pada tahun 1994.

Negara-negara seperti Rusia, Prancis dan AS, juga telah mendesak gencatan senjata antara kedua negara.

Turki sendiri telah mendukung penuh hak Baku untuk membela diri dan menuntut penarikan pasukan pendudukan Armenia. [] Gesang/ Khusnul

Posting Komentar untuk "Pertemuan Trilateral Antara Rusia, Azerbaijan dan Armenia, Bahas Konflik Karabakh Atas"

close