Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seorang Wanita dari Kasta Dalit di India Tewas setelah Diperkosa Empat Pria yang Memiliki Kasta Tinggi

 


 



New Delhi, Visi Muslim- Seorang wanita berusia 19 tahun dari komunitas Dalit di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, meninggal Selasa, (29/9/2020) dua minggu setelah dia diduga diperkosa secara beramai-ramai dan dicekik oleh pria yang memiliki kasta yang lebih tinggi darinya, kata pihak berwenang setempat.

Inspektur Polisi distrik Hathras, Vikrant Vir mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diposting di Twitter bahwa insiden itu terjadi pada 14 September. Korban pertama kali dirawat di rumah sakit di Uttar Pradesh dan kemudian dipindahkan ke New Delhi karena luka-lukanya yang parah.

Empat pria telah ditangkap dan didakwa karena pemerkosaan dan pembunuhan dan hingga kini penyelidikan masih dilakukan, menurut polisi di Hathras.

Keempat pria itu berasal dari kasta atas dan juga telah didakwa berdasarkan hukum karena kejahatan terhadap minoritas, menurut pernyataan tersebut.

Dalam hierarki berbasis kasta di India, Dalit - yang berada di peringkat paling bawah dan telah disebut sebagai "tak tersentuh" ​​di masa lalu mereka telah mengalami diskriminasi yang amat parah. Sistem kasta India secara resmi dihapuskan pada tahun 1950, tetapi hierarki sosial berusia 2.000 tahun yang diberlakukan pada masyarakat di tanah Hindustan yang sejak lahir ini masih ada di banyak aspek kehidupan.

Sistem kasta mengkategorikan umat Hindu saat lahir, menentukan tempat mereka dalam masyarakat, pekerjaan apa yang dapat mereka lakukan dan dengan siapa mereka dapat menikah.

Rahul Gandhi, seorang pemimpin senior dengan oposisi utama Partai Kongres India men-tweet bahwa "Aturan 'khusus kelas' di Uttar Pradesh telah membunuh seorang wanita. Pemerintah mengatakan itu adalah berita palsu dan membiarkan korbannya mati. Insiden yang tidak menguntungkan ini, kematian korban dan kebencian pemerintah - semua ini bukanlah berita palsu. "

Menurut organisasi hak asasi manusia termasuk Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa, Pengamat Hak Asasi Manusia dan Amnesti Internasional, perempuan Dalit sangat rentan terhadap kekerasan dan diskriminasi berbasis kasta.

Bulan lalu, seorang gadis Dalit berusia 13 tahun diperkosa dan dibunuh di Uttar Pradesh. Tahun lalu, dua anak Dalit diduga dipukuli hingga tewas setelah buang air besar sembarangan.

Pada 2018, seorang gadis berusia 13 tahun dari kasta yang lebih rendah dipenggal di bagian selatan negara itu, diduga ia diserang oleh orang yang berasal dari kasta yang lebih tinggi.

Dan yang terbaru, pada 29 September 2020 di New Delhi, di mana seorang wanita berusia 19 tahun meninggal dua minggu setelah diperkosa beramai-ramai.

Para advokat untuk persamaan hak bagi Dalit mengadakan rapat umum kecil di luar rumah sakit Delhi tempat wanita itu dirawat pada hari Senin.

Pemimpin kelompok tersebut, Chandrashekhar Azad dalam tweet-nya menuliskan: "Saya bersama keluarga korban melakukan protes di luar rumah sakit Safdarjung. Kami tidak akan mentolerir ini lagi. Kami yakin akan mendapatkan keadilan."

Sejumlah selebritas India, termasuk aktor Bollywood dan atlet profesional, juga telah menggunakan media sosial mereka untuk menyerukan kepada pemerintah agar mengadopsi kebijakan untuk melindungi perempuan.

Menurut Biro Catatan Kejahatan Nasional India, lebih dari 33.000 kasus dugaan pemerkosaan dilaporkan dalam data terbaru sejak tahun 2018 - kira-kira ada 91 serangan kekerasan seksual kasus setiap hari. Tetapi para ahli mengatakan bahwa jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, namun karena rasa malu yang melekat pada serangan seksual dan hambatan sosial yang dihadapi oleh para korban akhirnya mereka enggan melaporkan serangan tersebut. [] Gesang/ Khusnul Khatimah

Posting Komentar untuk "Seorang Wanita dari Kasta Dalit di India Tewas setelah Diperkosa Empat Pria yang Memiliki Kasta Tinggi"

close