Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Azerbaijan: Bentrokan di Perbatasan Mungkin Bisa Dihindari Jika Armenia Menarik Pasukannya



Baku, Visi Muslim- Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan pada Rabu, (30/9/2020) bahwa bentrokan di perbatasan mungkin bisa dihindari jika tentara Armenia menarik pasukannya.

“Kalau masalah ini tidak diselesaikan melalui perundingan, saya katakan Azerbaijan punya seluruh hak untuk menyelesaikan masalah ini melalui cara militer. Hak ini diberikan kepada kami oleh rakyat Azerbaijan dan hukum internasional,”kata Aliyev, saat mengunjungi tentara Azerbaijan yang terluka dalam bentrokan baru yang terjadi pada Minggu lalu.

Dia menambahkan bahwa posisi strategis di wilayah Karabakh Atas yang diduduki telah dibebaskan oleh pasukan Azerbaijan.

“Kami berjuang untuk keadilan, kami berjuang di tanah kami sendiri, kami berjuang untuk tanah air,” tambahnya.

Dia mencatat bahwa Armenia telah menduduki wilayah pegunungan Azerbaijan yang terkurung daratan selama hampir 30 tahun, menghancurkan infrastruktur dan situs bersejarah di sana dan mengusir lebih dari 1 juta orang dari tanah mereka sendiri.

Dia berterima kasih kepada Turki atas dukungannya yang tak tergoyahkan setelah gejolak baru di perbatasan.

“Sikap jelas Presiden [Turki] [Recep Tayyip] Erdogan menunjukkan bahwa Azerbaijan tidak sendiri. Turki mendukung Azerbaijan dan Azerbaijan mendukung Turki, ”katanya.

Uni Eropa, Rusia, dan NATO, telah mendesak penghentian segera bentrokan di sepanjang perbatasan.

Hubungan antara kedua negara bekas Turki Ustmani itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Karabakh Atas, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Empat Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB, serta banyak organisasi internasional, menuntut penarikan pasukan Arme dari wilayah pendudukan.

OSCE Minsk Group yang diketuai oleh Prancis, Rusia, dan AS - dibentuk pada tahun 1992 guna menemukan solusi damai dalam konflik tersebut, tetapi tidak berhasil. Gencatan senjata juga pernah sempat disepakati pada tahun 1994. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Presiden Azerbaijan: Bentrokan di Perbatasan Mungkin Bisa Dihindari Jika Armenia Menarik Pasukannya"