Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jokowi: Penegakan Hukum Jangan Timbulkan Ketakutan



Jakarta, Visi Muslim-  Presiden Joko Widodo menegaskan kepada jajarannya agar penegakan hukum jangan sampai justru menimbulkan ketakutan di masyarakat.

“Penegakan hukum juga jangan menimbulkan ketakutan yang menghambat percepatan, yang menghambat inovasi,” kata Presiden Joko Widodo dalam acara Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 di Istana Negara Jakarta, Senin (14/12/2020).

Ia mengatakan kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum harus ditingkatkan.

Selain itu, integritas dan profesionalisme penegak hukum termasuk jaksa merupakan keharusan.

“Pengawasan dan penegakan disiplin internal harus diperkuat. Kejaksaan harus bersih. kejaksaan harus bersih, kejaksaan harus dapat jadi role model penegak hukum yang profesional dan berintegritas,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden mengatakan bahwa pembenahan dari hulu hingga hilir di kejaksaan, dan dalam relasinya lembaga penegak hukum lain harus terus diefektifkan.

“Rekrutmen dan promosi harus dilakukan dengan meritokrasi dengan transparan dan terbuka. Integritas jaksa wawasan kebangsaan dan kesiapan menghadapi permasalahan hukum di masa mendatang harus diutamakan,” katanya.

Presiden ingin agar lembaga penegakan hukum bersinergi untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik tanpa menimbulkan ketakutan di kalangan masyarakat. [sc]

Posting Komentar untuk "Jokowi: Penegakan Hukum Jangan Timbulkan Ketakutan"

close