Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Erdogan: Islamofobia dan Xenofobia Harus Dihentikan!



Ankara, Visi Muslim- Dunia harus melangkah dengan tegas untuk mengatakan "hentikan" Islamofobia dan xenofobia yang telah berkembang biak dalam beberapa tahun terakhir melalui platform digital, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (27/1/2021).

Pernyataannya tersebut datang dalam pesan video yang dirilis pada 'Hari Peringatan Holocaust Internasional.'

"Masyarakat Internasional harus mengambil tindakan agar tragedi seperti Holocaust, Bosnia, Rwanda, dan Kamboja tidak terulang," katanya.

Erdogan juga mengatakan bahwa umat manusia sedang melalui masa yang sulit, ia menambahkan bahwa "virus rasisme" semakin meluas seiring dengan pandemi.

Ia menggarisbawahi, bahwa ada "peningkatan serius" dalam tindak kekerasan di tempat-tempat ibadah, seperti masjid, sinagog, dan gereja.

"Kejahatan kebencian terhadap beberapa segmen masyarakat dengan identitas etnis, agama, bahasa, dan penampilan yang berbeda telah meningkat dari hari ke hari."

Terorisme rasis telah berubah menjadi ancaman keamanan yang merusak perdamaian sosial dan keinginan masyarakat untuk hidup bersama, lanjut Erdogan.

"Tanda-tanda Holocaust, genosida Bosnia, Rwanda, dan Kamboja, di mana jutaan orang kehilangan nyawa, terbukti dengan diskriminasi sistematis, marginalisasi, dan meningkatnya ujaran kebencian jauh sebelum pembantaian ini," imbuhnya.

Dia menekankan bahwa semua genosida ini berfungsi sebagai pengingat bagi komunitas internasional untuk memerangi segala jenis diskriminasi dan mencegah kejahatan terhadap kemanusiaan.

"Ini jauh dari sekedar sikap moral yang harus diadopsi oleh setiap negara, tetapi juga kewajiban berdasarkan Konvensi PBB 1948 tentang pencegahan dan hukuman kejahatan genosida."

Erdogan juga mengatakan bahwa setiap organisasi internasional, pemerintah, media, politisi, masyarakat sipil, kelompok agama, dan tokoh masyarakat memiliki "peran penting" untuk dimainkan dalam konteks ini.

Turki telah melakukan upaya dalam hal ini di platform internasional, khususnya Alliance of Civilizations Initiative.

"Begitu pula dengan kebijakan pintu terbuka yang kami terapkan, kami melindungi setiap orang yang berlindung di negara kami tanpa memandang keyakinan, bahasa, dan asal mereka," kata Presiden Turki itu.

“Pada kesempatan ini, saya dengan hormat mengenang para korban genosida dan berharap masa depan di mana segala macam diskriminasi akan berakhir, dan kejahatan terhadap kemanusiaan tidak akan terulang,” pungkas Erdogan. [] A. Kaif

Posting Komentar untuk "Erdogan: Islamofobia dan Xenofobia Harus Dihentikan!"