Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari Bertemu Delegasi China Bahas Kerjasama Bilateral



Abuja, Visi Muslim- Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari bertemu dengan Anggota Dewan Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi yang sedang berkunjung pada hari Selasa, (5/1/2021). Kedua belah pihak berjanji untuk mempromosikan kerja sama bilateral di segala bidang.

Buhari meminta Wang untuk menyampaikan salam tulusnya kepada Presiden China Xi Jinping.

Buhari juga mengatakan selama 50 tahun terakhir, hubungan Nigeria-China telah mencapai hasil yang konstruktif dan Nigeria sangat puas dengan kemajuan hubungan bilateral kedua negara.

Pada saat harga minyak jatuh dan Nigeria menghadapi kesulitan dalam pembangunan, berkat dukungan kuat China, Nigeria telah secara efektif meringankan masalah seperti infrastruktur yang terbelakang dan pasokan makanan yang tidak mencukupi, China memainkan peran yang sangat penting dalam pembangunan berkelanjutan Nigeria, kata Buhari.

Pemerintah Nigeria akan tetap berkomitmen untuk mempromosikan perkembangan hubungan Nigeria-China, lanjut Buhari.

Sementara itu, Wang pada awal pidatonya menyampaikan salam hangat Presiden Xi kepada Buhari.

Wang mengatakan kedua kepala negara telah menjalin rasa saling percaya yang baik dan persahabatan yang mendalam, yang telah memainkan peran panduan strategis dalam pengembangan hubungan China-Nigeria.

Selama 30 tahun berturut-turut, China telah memulai pertukaran mata uang asing tahunannya dengan Afrika. China siap bekerja sama dengan Afrika untuk menghadapi tantangan dan mengatasi kesulitan akibat pandemi COVID-19, kata Wang.

Nigeria, sebagai negara utama Afrika, selalu menempati posisi penting dalam diplomasi China dengan Afrika. Pengalaman terpenting dalam 50 tahun terakhir sejak pembentukan hubungan diplomatik antara China dan Nigeria selalu saling pengertian, saling percaya, dan saling mendukung, kata Wang.

Wang berterima kasih kepada Nigeria karena berpihak pada China dalam masalah-masalah yang menyangkut kepentingan inti China. China juga akan terus mendukung secara tegas Nigeria dalam menjaga kedaulatan nasional, keamanan, dan kepentingan pembangunan, serta mendukung Nigeria dalam memainkan peran yang lebih besar dalam isu regional dan internasional.

Wang juga mengatakan bahwa dengan upaya bersama kedua belah pihak, kerja sama China-Nigeria telah membuahkan hasil. China akan terus membantu Nigeria membangun infrastruktur sesuai dengan kebutuhan pembangunannya, mendorong lebih banyak perusahaan China untuk berinvestasi di Nigeria, dan melakukan kerja sama di kawasan perdagangan bebas, sehingga dapat meningkatkan proses industrialisasi Nigeria dan meningkatkan kapasitasnya untuk pembangunan mandiri, kata Wang.

China siap berbagi pengalaman dan teknologi ekonomi digital dengan Nigeria, melakukan kerja sama ekonomi hijau, dan bersama-sama mengatasi tantangan perubahan iklim. China siap bekerja sama dengan Nigeria untuk memberikan peran penuh pada peran komite antar pemerintah kedua negara, mendorong kerja sama menyeluruh dan lebih jauh mempromosikan hubungan bilateral, lanjutnya.

Wang mengatakan bahwa pandemi yang terjadi pada abad ini telah mempercepat perubahan global dan situasi internasional telah memasuki periode perubahan yang bergejolak dengan munculnya unilateralisme dan proteksionisme. China siap bekerja sama dengan Nigeria untuk menegakkan multilateralisme, mempromosikan demokratisasi dalam hubungan internasional, dan melindungi hak dan kepentingan sah China dan Nigeria serta negara berkembang lainnya.

Wang juga mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Nigeria Geoffrey Onyeama dan bertemu dengan para pers.

Setelah pembicaraan, kedua menteri kemudia melanjutkan menandatangani nota kesepahaman tentang pembentukan Komite Antarpemerintah China-Nigeria. [] Gesang

Posting Komentar untuk "Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari Bertemu Delegasi China Bahas Kerjasama Bilateral"