Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

OPCW Ungkap Rezim Bashar al-Assad Gunakan Bom Klorin Pada Serangan Tahun 2018



Idlib, Visi Muslim- Pengawas senjata kimia global memiliki "alasan yang masuk akal untuk meyakinkan" bahwa angkatan udara rezim Assad menjatuhkan bom klorin di lingkungan perumahan di wilayah Idlib yang dikuasai oposisi pada Februari 2018 silam, merujuk sebuah laporan yang dirilis pada hari Senin, (12/4/2021).

Laporan terbaru oleh badan investigasi pengawas senjata kimia OPCW mengatakan tidak ada yang terbunuh ketika tabung gas klorin, yang dikirim dalam bom barel menghantam lingkungan Al Talil di kota Saraqib pada Februari 2018.

Namun, belasan orang dirawat untuk gejala yang berkelanjutan dengan keracunan kimiawi, termasuk mual, iritasi mata, sesak napas, batuk dan mengi, katanya.

Klorin bukanlah racun yang dilarang secara internasional, tetapi penggunaan zat kimia apa pun dalam konflik bersenjata dilarang berdasarkan Konvensi Senjata Kimia 1997, yang pelaksanaannya diawasi oleh pengawas OPCW yang berbasis di Den Haag.

Tindakan keras terhadap demonstran pro-demokrasi oleh Assad pada tahun 2011 menjamur menjadi perang saudara, dengan Rusia dan Iran mendukung pemerintahnya dan juga Amerika Serikat, Turki dan beberapa musuh Arab di Damaskus mendukung beberapa dari banyak kelompok oposisi.

Pada April 2020, Tim Investigasi dan Identifikasi (IIT) OPCW menyimpulkan bahwa pesawat tempur Suriah dan helikopter telah menjatuhkan bom yang mengandung gas klorin dan saraf sarin di sebuah desa di wilayah Hama Suriah pada Maret 2017.

Laporan terbaru oleh IIT juga melibatkan kekuatan pro-Assad. Itu menyimpulkan bahwa "ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa setidaknya satu silinder yang diisi dengan klorin dijatuhkan dari helikopter pasukan pro-rezim, milik Angkatan Harimau."

Pasukan Harimau adalah unit militer elit Suriah yang umumnya digunakan dalam operasi ofensif dalam perang, yang sebagian besar telah bergabung dengan Assad guna merebut kembali sebagian besar wilayah dengan dukungan penting Rusia dan Iran. [] Gesang 

Posting Komentar untuk "OPCW Ungkap Rezim Bashar al-Assad Gunakan Bom Klorin Pada Serangan Tahun 2018"