Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Terus Dibanjiri WNA China, 157 Orang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini



Jakarta, Visi Muslim-  Di tengah larangan mudik, sebanyak 157 warga negara asing (WNA) asal China kembali tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu pagi, 8 Mei 2021 pukul 05.00 WIB.

Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara membenarkan kedatangan WNA asal Cina tersebut. Mereka menumpang pesawat China Southern Airlines CZ387 (regular flight) dari Guangzhou, China.

Selain 157 WNA China terdapat juga 3 WNI yang ikut dalam penerbangan tersebut, sehingga total dalam pesawat menjadi 160 orang.

Dalam keterangan yang diterima Pikiran-rakyat.com, Direktorat Jenderal Imigrasi menyebutkan seluruh WNA China itu telah memenuhi aturan keimigrasian dengan jenis visa dan kegiatan yang sesuai dengan Peraturan Menkumham Nomor 26 Tahun 2020 yaitu untuk kegiatan bekerja. 

"Bukan untuk kunjungan wisata," ujar Anggakara dalam keterangan tertulis malam ini.

Sebelum dilakukan pemeriksaan keimigrasian, seluruh penumpang telah mendapatkan rekomendasi atau clearance oleh pihak KKP Kementerian Kesehatan.

"Petugas imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para penumpang tidak lulus pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kedatangan orang dari luar negeri yang telah ditentukan oleh Satgas Penanganan Covid-19," kata Anggakara.

Kedatangan WNA China hari ini menjadi yang ketiga kalinya dalam sepekan terakhir.

Sebelumnya, 85 orang WNA China masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa, 4 Mei 2021 lalu. Kemudian pada Kamis, 6 Mei 2021 sebanyak 46 WNA China juga tiba di tanah air.

Kedatangan WNA China pada Selasa itu dinyatakan dua orang positif Covid-19. Kedua WNA China yang positif tersebut saat ini tengah menjalani isolasi di salah satu hotel DKI Jakarta.

"Sudah diisolasi di hotel Hariston Bandengan di bawah pengawasan tim kesehatan dari Satgas Kemenkes," ujar juru bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmidzi, pada 8 Mei 2021. [] Pikiranrakyat



Posting Komentar untuk "Indonesia Terus Dibanjiri WNA China, 157 Orang Tiba di Bandara Soekarno-Hatta Hari Ini"

close