Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arab Saudi, Sekutu Israel di Kawasan Teluk?




Oleh: Umar Syarifudin (pengamat politik internasional)

Sebagaimana dikutup dari sindonews, 4/8/2021 Pemerintah Arab Saudi mengatakan Abraham Accords, perjanjian normalisasi hubungan antara Israel dan sejumlah negara Arab, memiliki efek positif pada hubungan di kawasan tersebut.

Namun, Riyadh menegaskan belum bisa melakukan normalisasi hubungan dengan negara Yahudi itu selama masalah Palestina belum terselesaikan. Menteri Luar Negeri Pangeran Faisal bin Farhan al-Saud mengatakan jika masalah itu sudah terselesaikan maka akan menghasilkan normalisasi lengkap untuk Israel di seluruh wilayah.

Catatan 

Pengumuman pengkhianatan yang diumumkan oleh Arab Saudi bukan hal baru, sikap tersebut sebagai sebuah opsi di bawah bendera Amerika. Arab Saudi bersekutu dengan musuh ketika rakyat Palestina telah meminta tolong pada tentara kaum Muslim untuk membela Al-Aqsa dan mengusir agresi di Gaza, namun para penguasa menolak dan menutup telinganya. Lalu, ketika Amerika meminta bantuan mereka dalam perang melawan terorisme, mereka menyambutnya dengan lari tergopoh-gopoh dengan antusias.

Penguasa Arab telah memberikan pisau-pisaunya kepada Israel dan menggerakkan mobil-mobilnya bukan untuk rakyat Palestina setelah kegagalan dan berdiam dirinya para pemilik pesawat dan tank. Sungguh Allah telah memerintahkan umat untuk melawan dan membela tempat-tempat suci dan kehormatan. Allah SWT telah mengaitkan Mekkah dengan Baital Maqdis, dan menghubungkan Masjid Al-Aqsa dengan akidah Islam.

Kerja sama dan kesepakatan yang dilakukan dengan pemerintah Arab Saudi untuk menggunakan kekuatan diplomasinya dengan Israel, akan mencurahkan lebih banyak darah ke tanah Muslim di Palestina. Alih-alih melawan tentara Israel yang telah menewaskan ribuan umat Islam di Palestina, bukankah negara-negara tetangga Palestina seperti Arab Saudi, Mesir dan Turki seharusnya menolong dan melindungi saudara-saudara Muslim lainnya ketika mereka berada dalam bahaya?

“Dan orang-orang yang beriman, lelaki dan perempuan, sebahagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma’ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” [TQS. At Taubah 9:71]

Umat Islam di Palestina membutuhkan bantuan tentara - tentara terbaik umat untuk dilindungi, bukan seperti rezim Arab Saudi yang bersekutu dengan musuh! 

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, Maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari padanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.” [TQS. Al-Imran 3: 103] 

Posting Komentar untuk "Arab Saudi, Sekutu Israel di Kawasan Teluk?"