Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

686 Migran Berlabuh di Lampedusa, Italia dengan Jumlah Kedatangan Terbesar dalam Beberapa Tahun



Lampedusa, Visi Muslim- Sebuah kapal penangkap ikan berkarat dan kelebihan muatan yang membawa 686 orang berlabuh di pulau Lampedusa dalam satu-satunya kedatangan migran terbesar di Italia dalam beberapa tahun, di tengah upaya diplomatik baru oleh pemerintah Mediterania guna mencari lebih banyak bantuan Eropa dalam menangani arus migran.

Kapal penjaga pantai Italia mengawal kapal sepanjang 15 meter itu ke pelabuhan Senin malam, (27/9/2021) di Lampedusa, Sisilia, sebuah pulau yang lebih dekat ke Afrika daripada daratan Italia yang merupakan salah satu tujuan utama penyelundup migran yang berbasis di Libya.

Jarang sekali kapal penyelundup sebesar itu membawa begitu banyak orang tiba di pelabuhan Italia. Dimana lebih sering, kelompok-kelompok migran yang lebih kecil diselamatkan di laut selama beberapa hari oleh kelompok-kelompok bantuan setelah kapal mereka yang rapuh tenggelam. Kapal penyelamat kemudian membawa para migran tersebut ke bibir pantai.

“Ini adalah jumlah tertinggi orang yang tiba dengan satu kapal pada tahun 2021,” kata badan pengungsi PBB (UNHCR). “Angka-angka seperti itu – dalam satu kedatangan – tidak terdaftar sejak Agustus 2016.”

Menurut kelompok bantuan Mediterranean Hope di Lampedusa, para penumpang termasuk 658 pria, 12 wanita, dan 12 anak di bawah umur. Mereka berasal dari Mesir, Maroko, Chad, Ethiopia, Suriah, Nigeria, Sudan dan Senegal dan berangkat dari Zuwarah, Libya.

UNHCR mengatakan banyak yang menderita kudis, penyakit kulit menular, menunjukkan mereka telah ditahan di tempat yang dekat di Libya sebelum berangkat. [] Khusnul Khatimah/Gesang 

Posting Komentar untuk "686 Migran Berlabuh di Lampedusa, Italia dengan Jumlah Kedatangan Terbesar dalam Beberapa Tahun"