Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Azerbaijan Bantah Tuduhan Soal Kehadiran Israel dalam Latihan Militer Iran



Baku, Visi Muslim- Azerbaijan pada hari Senin, (04/10/2021) membantah tuduhan dari Teheran bahwa militer Israel berada di negara Kaukasus selama latihan militer yang dijalankan oleh tentara Iran di perbatasan bersama mereka.

Klaim Iran soal Israel datang setelah televisi pemerintah Iran pekan lalu menunjukkan tank, howitzer dan helikopter menembaki sasaran di barat laut negara itu.

Israel adalah pemasok senjata utama ke Azerbaijan, yang pada musim gugur lalu memenangkan perang enam minggu dengan negara tetangganya Armenia atas wilayah Nagorno-Karabakh yang disengketakan.

Juru bicara kementerian luar negeri Azerbaijan Leyla Abdullayeva mengatakan pada Senin bahwa klaim Iran tidak berdasar.

"Kami menolak tuduhan kehadiran pihak ketiga di dekat perbatasan Azerbaijan-Iran, tuduhan seperti itu sama sekali tidak berdasar," katanya.

Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev pekan lalu mengkritik latihan perang Iran dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Turki Anadolu, yang menanggapi "mengapa baru sekarang, dan mengapa di perbatasan kita?"

Israel mendapat kecaman diplomatik dari Armenia selama konflik pada tahun lalu antara tetangga Kaukasus.

Pertempuran berakhir dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia yang membuat Yerevan menyerahkan sebagian besar wilayah yang diperebutkan, termasuk bagian Karabakh dari perbatasan 700 kilometer Azerbaijan dengan Iran.

Azerbaijan dan Iran telah lama berselisih mengenai dukungan Teheran terhadap Armenia dalam konflik Karabakh selama beberapa dekade.

Hubungan mereka baru-baru ini semakin memburuk setelah tentara Azerbaijan mengadakan latihan bersama dengan Turki dan Pakistan, 500 kilometer dari perbatasan negara itu dengan Iran.

Keputusan Azerbaijan untuk mengenakan bea cukai pada pengemudi truk Iran yang transit ke Armenia juga memicu ketegangan.

Teheran telah lama mewaspadai sentimen separatis di antara etnis Azerbaijan, yang membentuk sekitar 10 juta dari 83 juta penduduk Iran. [] Nilufar Babayigit 

Posting Komentar untuk "Azerbaijan Bantah Tuduhan Soal Kehadiran Israel dalam Latihan Militer Iran "