Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berpotensi Bangkrutkan Negara dan Menyengsarakan Rakyat, Ulama Aswaja Malang Raya Tolak IKN





Kota Malang, Visi Muslim- Sekitar 30 ‘Alim dan Ulama hadir dalam agenda Multaqa Ulama Aswaja Malang Raya bertema: “Tolak IKN: Proyek yang Berpotensi Membangkrutkan Negara dan Menyengsarakan Rakyat, Sabtu, (19/2/2022).

“Bila dikaji secara mendalam, UU IKN ini sangat berpotensi membangkrutkan negara dan menyengsarakan rakyat. Sebab mega proyek pembangunan IKN, sebagai pelaksanaan dari UU IKN, membutuhkan dana yang besar dan bukan merupakan suatu yang mendesak. Sedangkan sumber pendanaan IKN terbesar berasal dari APBN,” demikian kutipan dari pernyataan sikap Ulama Aswaja Malang Raya yang dibacakan oleh Kyai Muhammad Sul’an M.Pd dalam acara tersebut.

Pernyataan sikap yang dibersamai oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pelita Umat tersebut, Ulama Aswaja Malang Raya juga menuturkan bahwa dalam sudut pandangan Islam, pengesahan UU IKN ini merupakan sebuah pelanggaran DPR dalam akan Perwakilan dengan Rakyat. Hal tersebut dikarenakan rakyat dinilai tidak pernah mewakilkan kepada DPR terkait dengan pengesahan UU IKN.

“Pengesahan RUU IKN menjadi UU IKN itu bila ditinjau dari dalam pandangan Islam merupakan bentuk pelanggaran yang dilakukan oleh DPR terhadap akad wakalah (perwakilan) dengan rakyat. Sebab, rakyat tidak pernah mewakilkan kepada DPR untuk mengesahkan RUU IKN ini menjadu UU IKN,” tambah Kyai Sul’an.

Ditambahkan oleh Kyai Sul’an bahwa ada 6 poin pernyataan Ulama Aswaja Malang Raya yang kemudian dibacakan oleh beliau.

“Karenanya, kami para Ulama Aswaja Malang Raya Menyatakan secara tegas :

1. Pemindahan Ibu Kota Negara wajib ditolak;

2. UU IKN wajib dibatalkan;

3. Semua elemen bangsa wajib menjaga persatuan agar tidak gampang diadu domba;

4. Menolak diterapkanya sistem kapitalisme sekular yang menjadi sumber kekacauan, termasuk bercokolnya oligarki dalam pengaturan urusan rayat dan pengambilan kebijakan serta aturan di negeri ini.

5. Sejarah kemenangan dan kemerdekaan Indonesia tidak bisa dipisahkan dengan Islam;

6. Negeri Indonesia ini akan benar-benar menjadi bangsa yang besar, merdeka, maju, kuat dan jaya hanya dengan Islam.” [] gsg






Posting Komentar untuk "Berpotensi Bangkrutkan Negara dan Menyengsarakan Rakyat, Ulama Aswaja Malang Raya Tolak IKN"

close