Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LDR Tanjungbalai: Menyempurnakan Ketaqwaan Setelah Ramadhan

 


Tanjung Balai, Visi Muslim- Setelah 2 bulan libur Kajian Islam dan Buka Puasa Bersama akhirnya Lembaga Dakwah Remaja (LDR) Tanjungbalai kembali melaksanakan agenda yang rutin dilaksanakan di Konco Rooftop tersebut. Kajian perdana tersebut diisi langsung Oleh Pembina LDR Ustadz Muhammad Ali Rukun dengan tema " Menyempurnakan Ketaqwaan Setelah Ramadhan", Kamis, (2/6/2022).

Dalam Kajian Islam tersebut Ustadz Ali menjelaskan tentang pentingnya ketaqwaan sebagai buah dari pelaksanaan puasa Ramadhan. "Ramadhan sudah berlalu. Yang tersisa bagi umat hari ini adalah pertanyaan: bagaimana cara memelihara dan menyempurnakan ketakwaan? Ini adalah pertanyaan amat penting karena memang hikmah dari shaum Ramadhan adalah mencapai derajat takwa",kata beliau. 

ustaz Ali Menjelaskan bahwah ketaqwaan itu adalah menjalankan segala perintah Allah dan meninggalkan segala larangannya. " Taqwa adalah Takut kepada Allah Yang Mahaagung, mengamalkan al-Quran, merasa puas dengan yang sedikit dan mempersiapkan bekal untuk menghadapi Hari Penggiringan (Hari Akhir), ungkap beliau. 

Selain itu beliau juga menjelaskan bagaimana cara memlihara dan menyempurnakan ketaqwaan seusai Ramadahan, diantara langkah-langakahnya adalah :

Pertama menjadikan akidah Islam bukan sekadar akidah ruhiyyah, tetapi juga akidah siyasiyah, yakni asas dalam kehidupan dunia. Kedua senantiasa menjadikan Islam sebagai standar untuk menilai perbuatan terpuji-tercela dan baik-buruk. Pertimbangan dalam beramal hanyalah halal dan haram, bukan manfaat atau madarat; bukan pula ridha atau benci manusia. Yang ia cari semata-mata adalah keridhaan Ilahi sekalipun orang-orang mencaci dirinya.  

Ketiga, bersabar dalam menjalankan ketaatan pada Allah SWT sebagaimana para nabi dan rasul. Keempat, berdakwah mengajak umat untuk sama-sama meniti jalan ketakwaan dan menghilangkan kemungkaran.  Kelima, Segera memohon ampunan kepada Allah SWT dan kembali pada ketaatan manakala telah melakukan kemungkaran. Keenam, menumbuhkan kerinduan pada ridha Allah dan surga-Nya. Dengan begitu ia tak akan tergoda untuk menggadaikan agama demi mendapatkan sekeping dunia yang ia pandang remeh. Seluruh hidupnya akan digunakan untuk meneguhkan ketaatan kepada Allah ‘Azza wa Jalla.

Kajian Islam tersebut berlangsung dengan lancar nampak antusia peserta  kajian dalam mengikuti acara tersebut yang diiringi dengan  diskusi. Acara Tersebut ditutup dengan do'a dan buka puasa bersama yang disedikan Konco Rooftop gratis.[] ar 

Posting Komentar untuk "LDR Tanjungbalai: Menyempurnakan Ketaqwaan Setelah Ramadhan"